ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIMAK) DI PROGRAM STUDI INFORMATIKA

Achmad Fuad, Endah Harisun

Abstract


Kesuksesan sistem informasi akademik (SIMAK) merupakan suatu tingkat dimana sistem informasi mampu memberikan konstribusi pada organisasi dalam pencapaian tujuannya. Sebaliknya dikatakan gagal apabila sistem tersebut kurang atau bahkan tidak dimanfaatkan oleh penggunanya. Agar suatu sistem informasi dapat beroperasi  secara  optimal,  perlu  adanya  evaluasi  terhadap  sistem  informasi. Karena biaya yang dikeluarkan untuk menerapkan sistem informasi yang berbasis teknologi informasi tidak sedikit. Program Studi Teknik Informatika telah memiliki dan menerapkan Sistem Informasi Akademik (SIMAK) dan perangkat pendukung yang menunjang pelaksanaan kegiatan akademik maupun non akademik sejak semester ganjil tahun akademik 2014/2015.   Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey analitik, yang menggambarkan keadaan melalui analisa data primer dan data sekunder, dan data yang telah terkumpul dalam bentuk angka-angka kemudian akan dihitung menggunakan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS), dan hasil dari analisa data, kemudian diuraikan secara diskripsi untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja Sistem Informasi Akademik (SIMAK) di Program Studi Informatika Universitas Khairun. Sedangkan  tujuan dari penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem terhadap kepuasan mahasiswa, (2). Untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan mahasiswa dan  (3). Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa. Pemilihan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika sebagai studi penelitian karena lebih sering menggunakan  sistem  informasi  akademik dibandingkan dengan mahasiswa pada program studi lain dalam lingkungan Universitas Khairun

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

DeLone, W.H and McLean, E.R. (2003). The DeLone and McLean Model of Sistem Success: A Ten-Year Update, Journal of Mangement Information Sistem, 19 (4), 9-30.

Dwi Priyatno. 2008. Mandiri Belajar SPSS (Stastistical Product and Service Solution) untuk Analisis Data dan Uji Statistik. Yogyakarta: Mediakom. FandyTjiptono. 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. (2012).Pedoman Penulisan Skripsi.

Ghozali,imam. (2005). Model Persamaan Struktural. Semarang :Badan PenerbitUniversitas Diponegoro.

Hair, J.F., Anderson, R. E., Tatham, R. L., and Black, W. C., (1995). Multivariate Data Analysis, Fourth Edition, New Jersey: Prentice Hall.

Husaini Usman, dan Purnomo SetiadiAkbar. 2004. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara.

Husein Umar. 2003. Metode Riset: Perilaku Konsumen Jasa, Bogor: Ghalia Indonesia.

J. Supranto. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Jogiyanto, HM. 2007. Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Lies Sudibyo. 2011. Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Widyatama No.2 / Volume 20 / 2011.

Purbayu Budi Santosa dan Ashari. 2005. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2004. Prinsip-prinsip total quality service, Edisi 2, Cetakan 1,Yogyakarta: Andi.

Zeithaml, Valerie A., and Bitner, Marie Jo. (1996). Services Marketing. McGrawill: New York.

Zulian Yamit. 2005. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.




DOI: https://doi.org/10.33387/jiko.v2i1.1041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.