PENDATAAN KOPERASI PADA DINAS KOPERASI DAN UKM KOTA TERNATE BERBASIS WEB

Rosihan Rosihan, Salkin Lutfi

Sari


Kebutuhan akan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat penting dalam meningkatkan kinerja dari sebuah instansi, seperti halnya di Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate. Pengolahan data koperasi yang masih dilakukan secara manual mengakibatkan data bisa hilang atau rusak. Kerugian lain adalah membutuhkan waktu yang lebih lama baik dalam menyimpan dan mencari kembali data koperasi, belum lagi membutuhkan ruang yang lebih besar. Pengaksesan data juga sangat terbatas karena hanya bisa dilakukan dari kantor saja. Dengan memanfaatkan sebuah konsep sistem informasi berbasis web permasalahan di atas dapat teratasi. Data koperasi jadi lebih aman, cepat dalam menyimpan dan mengakses kembali serta membutuhkan media yang kecil saja yakni harddisk dibandingkan dengan lemari. Pemanfaatan pemrograman web membuat sistem pendataan koperasi dapat diakses di mana dan kapan saja.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasi. Penerbit Graha Ilmu: Yogyakarta, ISBN 978-979-756-807-8.

Ruslan, Takdir. 2014. Laporan Kerja Praktek (Sistem Informasi Koperasi). Penerbit Fakultas Teknik: Universitas Muhammadiyah maluku Utara.

Kusdiawan 2010. Skripsi (Pendataan Perpustakaan). Penerbit Fakultas Teknik: Universitas Muhammadiyah maluku Utara.

Fadli , Nur Quszaini. 2014. Skripsi (Membangun Aplikasi Pendataan Surat Masuk Pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Semarang). Penerbit Fakultas Ilmu Komputer: Universitas Dian Nuswantoro.

Kadir, Abd. 2014. Pengantar Sistem Informasi. Penerbit Graha Ilmu: Jakarta, ISBN 978-979-756-807-8.

Kristanto, Andri. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak (Konsep Dasar). Penerbit Gava Media: Yogyakarta.

Said, Abd. 2007. Skripsi (Peranan Dinas Koperasi dan UKM Dalam Pemberdayaan Pemerintah dan Masyarakat Kota Malang). Penerbit Fakultas Teknik: Universitas Islam Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/jiko.v1i1.1166

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



 

 

 

P-ISSN : 2614 - 8897 | E-ISSN : 2656 -1948

View JiKO Stats :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.