IMPLEMENTASI PROTOTYPE APLIKASI E-LAPOR BERBASIS JEJARING SOSIAL UNTUK PELAYANAN KELUHAN PELANGGAN PADA KANTOR PDAM

Hairil Kurniadi Siradjuddin, Saiful Do Abdullah

Sari


Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi juga telah membuka jalan untuk munculnya model baru dalam penyampaian laporan dan keluhan warga terhadapa kinerja pihak Pemerintah dan Swasta, hal ini menjadi tantangan tersendiri yang harus dijalani oleh pemerintah dan pihak swasta untuk lebih aktif dalam berperan serta dan dapat meningkatkan penguasaan kompetensi keterampilan didalamnya. Pelayanan terhadap keluhan pelanggan tentang permasalahan air bersih di Kota Tidore Kepulauan masih bersifat konvensional, menyebabkan banyak permasalahan yang tidak bisa diselesaikan, seperti pipa bocor, air macet dan ketidaktahuan karyawan PDAM tentang Jaringan Instalasi pipa air. Pelayanan tidak efektif menyebabkan banyak pelanggan yang malas untuk membayar iuran bulanan, bahkan ada pelanggan yang berhenti menjadi pelanggan PDAM, hal ini menyebabkan pendapatan perusahaan menurun yang berimbas pada kinerja karyawan perusahaan itu sendiri.Untuk menjawab permasalahan tersebut diatas, maka penulis melakukan riset dengan mengembangkan dan menerapkan sebuah aplikasi E-Lapor pada Kantor PDAM Kota Tidore Kepualauan dengan memanfaatkan teknologi jejaring social, yang nantinya dapat diaplikasikan untuk menjawab permasalahan dan keluhan warga.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmedani, B. K., Harold, R. D., Fitton, V. A., & Shifflet Gibson, E. D. (2011). What adolescents can tell us: Technology and the future of social work education. Social Work Education, 30(7), 830-846.

Csiernik, R., Furze, P., Dromgole, L., & Rishchynski, G. M. (2006). Information technology and social work - The dark side or light side? Journal of Evidence-Based Social Work, 3(3-4), 9-25.

Davis, Gordon B. 1974. Management Information System: Conceptual Foundation, Structure, and Development. Aucklland: McGraw-Hill

Dharwiyanti Sri, 2003, “Pengantar Unifield Languange Modelling (UML)”, Ilmu Komputer

Dominikus juju & feri sulianta, 2010. branding promotion with social network, PT.Elex Media komputindo,

Gulo, W. (2002) Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widisarana Indonesia.

Hanif Al Fatta,. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta : C.V Andi Offset [8] Herlambang soendoro dan tanuwijaya heryanto, 2005, system informasi;konsep teknologi dan manajemen.

Jogiyanto, HM. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Karmilasari. Teknik Pengujian Perangkat Lunak, (diunduh pada, 15 Juli 2016 ,15:55),http://karmila.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/31319/TEKNIK+PENGUJIAN+PERANGKAT+LUNAK.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/jiko.v1i1.1168

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



 

 

 

P-ISSN : 2614 - 8897 | E-ISSN : 2656 -1948

View JiKO Stats :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.