PERBANDINGAN METODE STEGANOGRAFI LSB (LEAST SIGNIFICANT BIT) DAN MSB (MOST SIGNIFICANT BIT) UNTUK MENYEMBUNYIKAN INFORMASI RAHASIA KEDALAM CITRA DIGITAL

Salkin Lutfi, Rosihan Rosihan

Sari


Steganografi merupakan salah satu teknik penyembunyian informasi yang sangat banyak dimanfaatkan untuk keamanan data. Steganografi mampu menyembunyikan informasi rahasia dalam media digital seperti citra/gambar. Tujuan dari penelitian yang adalah merancang aplikasi komputer untuk membandingkan tingkat Robustness pada metode MSB dan LSB untuk menyembunyikan informasi rahasia kedalam citra digital. Dari hasil pengujian terlihat bit dari raster gambar yang dilakukan menggunakan metode MSB mengalami perubahan bit sebanyak 112 bit sedangkan LSB mengalami perubahan sebanyak 109 sehingga hasil perubahan bit dari raster gambar original relatife tidak jauh berbeda antara kedua metode. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode MSB menghasilkan gambar yang relative sangat signifikan perubahan warna asli gambar, sedangkan metode LSB menghasilkan gambar yang secara kasat mata tidak mengalami perubahan warna gambar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Ariyus, Dony. 2009. Keamanan Multimedia. Yogyakarta: Andi Offset

. B. Rakhmat dan M. Fairuzabadi, Steganografi menggunakan Metodw Least Significant Bit dengan Kombinasi Algoritma Kriptografi Vigenere dan RC4, Dinamika Informatika, vol. V, no. 2, pp. 1-17, 2010

. Hartini dan S. Primaini, Kriptografi Password Menggunakan Modifikasi Metode Affine Ciphers, Jurnal Sigmata, vol. II, no. 1, pp. 40-50, 2014.

. Mastur, Perlindungan Hukum hak kekayaan intelektual Dibidang Paten, Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum QISTI, vol. 6, no. 1, pp. 65-81, 2012.

. Masaleno, Andino. Pengantar Steganografi, (online), Kuliah Umum Ilmu Komputer. (http://ilmuKomputer.org, diakses 1 Oktober 2017)

. Rahmatri Mardiko, T. Basaruddin, Watermarking pada Video: Robustness, Impercetibility dan Pendekatan untuk Domain Terkompresi, Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (2009)




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/jiko.v1i1.1169

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



 

 

 

P-ISSN : 2614 - 8897 | E-ISSN : 2656 -1948

View JiKO Stats :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.