APLIKASI KAMUS BAHASA TALIABU BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINARY SEARCH

Bayu Sulistio, Salkin Lutfi, Ridwan Ridwan

Abstract


Bahasa merupakan alat komunikasi manusia yang digunakan untuk mengadakan hubungan dalam pergaulan seharihari, selain itu juga berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan informasi. Bahasa daerah meruapakan bahasa khas yang berasal dari salah satu daerah di suatu negara atau wilayah. Namun penggunaan bahasa daerah telah mengalami penurunan penggunaan dalam bahasa komunikasi keseharian, bahasa Taliabu merupakan salah satu bahasa yang hampir punah karena mulai jarang di gunakan dalam kehidupan masyarakat. Melestarikan bahasa Taliabu sangat penting dilakukan agar bahasa Taliabu tidak punah, media penerjemah atau kamus dapat menjadi solusi untuk membantu masyarakat untuk mempelajari  bahasa Taliabu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan rancangan aplikasi kamus bahasa Taliabu berbasis android menggunakan metode binary search. Aplikasi ini di buat dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan java dengan prototype sebagai pengembangan sistemnya. Aplikasi ini dapat berjalan di web maupun di android dengan metode binary search sebagai metode pencarian katanya. Dengan adanya binary search proses pencarian dapat di lakukan dengan cepat karena binary search sendiri memiliki prinsip pencarian membagi dua, sehingga proses pencarian lebih cepat

References


I. N. Farida, “Aplikasi Kamus Indonesia-Jawa Berbasis Android,†vol. 2, no. 1, pp. 1–5, 2015.

A. Muhyidin, “Masa Depan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Pemersatu Bangsa Dalam Bingkai Multikukulturalisme,†2009.

D. E. Kurniawan and R. Simon, “Aplikasi Kamus Aneka Bahasa Daerah Berbasis Smartphone Android,†2013.

W. Kurniawati, “Menyelamatkan Bahasa Ibu Dari Kepunahan,†2008.

A. N. Arrasyid, “Aplikasi Kamus Bahasa Daerah Tolaki Berbasis Android,†vol. 1, no. 1, pp. 62–68, 2016.

M. R. Mohamad Nur Fadzri Lamusu, Moh. Hidayat Koniyo, “Pembuatan Aplikasi Kamus 3 Bahasa Pada Smartphone Android,†Karya Ilm. Mhs., 2013.

M. R. G. Hattari, S. Lutfi, and A. Khairan, 2018 “Perancangan Aplikasi Android Sistem Informasi Akademik Universitas Khairun Ternate, Teknik Informatika Unkhair†JIKO, vol. 02, no. 2, pp. 76– 84, 2018.

R. S. Pressman, software enginering. 2010.

F. Rohman, P. W. Buana, A. Agung, and K. Wiranata, “Rancang Bangun Penerjemah Bahasa Indonesia ke Bahasa Jawa Berbasis Android,†Merpati, vol. 3, no. 1, pp. 40–47, 2015.

A. Limas, M. Z. S. Hadi, and M. Yuliana, “Aplikasi metode binary search untuk Mendeteksi penyakit tropis,†pp. 1–8, 2011.




DOI: https://doi.org/10.33387/jiko.v2i2.1316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.