SISTEM INFORMASI GEOFISIKA DI STASIUN GEOFISIKA KELAS III TENATE BERBASIS WEB

Rusdin Wamboo, Moh Jamil, Rosihan Rosihan

Sari


BMKG atau sering disebut dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan, Merupakan sebuah instansi yang menangani tentang masalah gempabumi dan tsunami,penyebaran petir, dan tanda waktu (Hilal) dan lainlain yang dapat digunakan untuk tujuan penelitian. Adapun tujuan yang akan dicapai adalah membuat sistem informasi geofisika di stasiun geofisika kelas III ternate berbasis web. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode waterfall yang meliputi komunikasi perencanaan, pemodelan, konstruksi, dan deployment. Dengan menggunakan Microsoft visio untuk pemodelan aplikasi. Sedangkan bahasa pemrograman yang dipakai adalah PHP dengan menggunakan database MySQL. Hasil yang dicapai berupa suatu aplikasi untuk website yang dapat memperoleh informasi tentang geofiisika. Misalnya informasi-informasi gempa bumi dan tsunami yang terbaru dari BMKG. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi geofisika berbasis web yang bisa digunakan masyarakat untuk mendapatkan informasi dari BMKG. Pengujian yang dilakukan deengan menggunakan metode blackbox dan hasil pengujian menunjukan bahwa aplikasi sudah sesuai dengan perancangan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arief Mustofa Nur, 2010, Gempa Bumi,Tsunami dan Mitigasinya, Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung – LIPI, Kebumen, Volume 7 No. 1 Januari 2010.

BMKG, 2016 http:/ /www. bmkg.go.id/ profil/ ?p=sejarah (diakses tanggal, 25 Desember 2017)

Indrajani, 2007, Pemrograman berbasis Objekdengan Bahasa Java, Jakarta, PT.AlexM ed ia Komputindo.

Jogiyanto, H.M., 2005,Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, ANDI, Yogyakarta.

Roni Andarsyah, 2017, Rancang Bangun Sistem Informasi Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika Di Stasiun Bmkg Kelas 1 Bandung Berbasis Web (Studi Kasus Bmkg Bandung), Politeknik Pos Indonesia, Junal Teknik Informatika Vol. 9 No. 1, Januari 2017

A. S. Soroto, A. Fuad, and S. Lutfi, “Penerapan Metode Case Based Reasoning (CBR) Untuk Sistem Penentuan Status Gunung Gamalama,” JIKO, vol. 02, no. 2, pp. 70–75, 2018. [7] Tommy Ilyas, 2006, Mitigasi Gempa dan Tsunami di Daerah Perkotaan, Guru Besar Geotechnic, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, Seminar Bidang Kerekayasaan, Fatek-Unrat 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/jiko.v2i2.1317

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.33387/jiko.v2i2.1317.g1057

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



 

 

 

P-ISSN : 2614 - 8897 || E-ISSN : 2656 -1948

View JiKO Stats :