PENERAPAN KRIPTOGRAFI CAESAR CIPHER PADA FITUR CHATTING SISTEM INFORMASI FREELANCE

Yuningrat Dwi Putri, Rosihan Rosihan, Salkin Lutfi

Sari


Chatting sebagai sarana pengiriman pesan yang banyak digunakan oleh mansyarakat telah menimbulkan kekhawatiran mengenai keamanannya, masalah keamanan dan kerahasiaan data merupakan salah satu aspek penting dalam komunikasi menggunakan Komputer, sehingga dalam penelitian ini nanti akan diterapkan metode Kriptografi Caesar Chiper pada fitur Chat Sistem Informasi Freelance. Adapun metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Prototype dan pengujian sistemnya menggunakan metode Whitebox. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah pesan pada fitur chat ini dienkripsi dengan menggunakan kriptografi caesar cipher dengan pengkeripsian pesan menggunakan teknik end to end dimana proses enkripsi dan dekripsi pesan dilakukan pada saat proses chatting berlangsung. Dalam pengujian menggunakan whitebox ini telah menunjukan bahwa sistem telah berjalan dengan baik, untuk melihat kebenaran data seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa sistem dapat berjalan sesuai dengan fungsinya dapat dilihat pada hasil implementasi pada sistem yang dapat menunjukan fungsi-fungsinya berjalan sesuai apa yang diketik pada halaman sistem tersebut.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kromodimoeljo Sentot, 2009. Teori dan Aplikasi Kriptografi, SPK IT Consulting.

Sumandri. 2017. “Studi Model Algoritma Kriptografi Klasik Dan Modern.” Jurnal Pendidikan Matematika: 265–72.

Febryanta Ekky, 2015 Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi Chatting Messenger Terhadap Proses Penetrasi Sosial, Universitas Telkom.

Nuryasin, 2016. Aplikasi Sistem Informasi Pendaftaran Wisuda Berbasis Online Studi Kasus Fst Uin Syarif Hidayatullah, Jakarta

S. Lutfi, Rosihan, 2018 “Perbandingan Metode Steganografi LSB (Least Significant Bit) Dan MSB (Most Significant Bit) Untuk Menyembunyikan Informasi Rahasia, Teknik Informatika Unkhair” JIKO, vol. 02, no. 1, pp. 34–42.

Faisal, 2014. Penerapan Kombinasi Sandi Caesar Dan Vigenere Untuk Pengamanan Data Pesan Pada Surat Elektronik, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/jiko.v2i2.1319

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.33387/jiko.v2i2.1319.g1059

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



 

 

 

P-ISSN : 2614 - 8897 || E-ISSN : 2656 -1948

View JiKO Stats :