PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KUALITAS INFORMASI, KUALITAS INTERAKSI, TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI OPEN SOURCE MENGGUNAKAN WEBQUAL

Wahyu Widodo, Ayuna Septia Dahlia, Deddy Ardiansyah

Abstract


OpenSID merupakan Sistem Informasi Desa (SID) yang berbasis open access yang digunakan untuk mengembangkan sistem informasi di desa, yang dirancang open source agar dapat dikembangkan bersama-sama oleh komunitas peduli SID. Kualitas aplikasi merupakan hal yang sangat penting dalam suatu pengembangan sistem informasi open source. Sebuah sistem harus dapat memenuhi kepentingan dan keinginan pemakai. Saat ini Open SID digunakan untuk menunjang proses input dan output data-data desa. Selama penggunaan ini belum diketahui sikap pengguna terhadap kegunaan atau kualitas dari aplikasi OpenSID tersebut  dan banyak pengembang baru yang bergabung untuk berkontribusi dengan kemampuan  yang berbeda-beda sehingga berpengaruh terhadap kualitas aplikasi, maka perlu adanya evaluasi. Evaluasi seperti ini digunakan untuk membuat perencanaan dalam perubahan-perubahan yang diimplementasikan di masa yang akan datang. Metode pengukuran kualitas aplikasi open source   menggunakan WebQual yang merupakan salah satu metode atau teknik pengukuran kualitas aplikasi berbasis website berdasarkan persepsi pengguna akhir. Hasil penelitian terdapat temuan bahwa kepuasan penggunaan aplikasi OpenSID ada pada kualitas informasi yaitu informasi mudah di dapat, tepat waktu, up to date dan relevan.


References


S. Surahmat dan A. Tenggono. 2018. "Evaluasi Penggunaan Aplikasi Office Berbasis Open Source pada SMKN Kota Palembang dengan Pendekatan Technology Acceptance Model." Jurnal Sisfokom, vol. 7, no. 2, pp. 98-103, doi:10.32736/sisfokom.v7i2.569.

M. Mukmin., 2019. "Sosialisasi “Sistem Informasi Desa Berbasis Open Source (Opensid 1811) Di Desa Lipukasi Kabupaten Barru." Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Al-Gazali Barru.

M. W. Fitrayana., B. Hariadi dan E. Rahmawati., 2018. “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website DRPD Provinsi Jawa Timur Terhadap Kepuasan Pengguna dengan Metode WebQual 4.0 Modifikasiâ€., Jurnal JSIKA. Vol. 7(1), 1–8.

W. Widodo. 2016., "Evaluasi Proses Pengembangan Perangkat Lunak Pada Virtual Team Development Menggunakan Cmmi Versi 1.3." Jurnal Informatika Ahmad Dahlan, vol. 10, no. 1 .pp.1140-1148.

Wijanarko, W. (2005). Impelementasi Metrik pada pengebangan perangkat lunak.Skripsi

R. E. Riyanto and S. B. Otong. 2019. "Analisis Pengukuran Kualitas Website terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Webqual 4.0." Jurnal Ilmiah Intech, vol. 1, no. 01, pp. 89-97.

A. Manik., I. Salamah dan E. Susanti. 2017. “Metode WebQual 4.0 untuk evaluasi kualitas website Politeknik Negeri Sriwijayaâ€., Prosiding SNATIF ke-4. pp. 355–361.ISBN 978-602-1180-50-1.

E. A. Wawoluamaya., D. Sunarto dan S. H. E. Wulandari., 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Metode Webqual 4.0 Pada Universitas Narotamaâ€., JSIKA. vol.5(11), pp. 1–8.

A. Y. Rezkiani, dkk. 2018. “Pengukuran Kualitas Website Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Brawijaya Menggunakan Metode Webqual 4 “., Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol 2 (2). pp.523-532.

N. Aini, et al. 2019. "Evaluasi Website Pemerintah Kota Prabumulih melalui Pendekatan Website Usability Evaluation (Webuse)." Jurnal Ilmiah Betrik, vol. 10, no. 01, pp. 1-6, doi:10.36050/betrik.v10i01.20.

Sanjaya, I. 2012. Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementerian Kominfo Dengan Menggunakan Metode Webual 4.0,†Jurnal Penelitian IPTEK-KOM. Vol.14(1). pp.1–14.

A. Khairan dan S. Lutfi I. 2020. “Pembuatan Website Portal Ekonomi Dan Wisata (Ekowisata) Di Pulau Maitara Kota Tidore Kepulauan,†JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer). Vol.3(1). pp.13–18.




DOI: https://doi.org/10.33387/jiko.v3i2.1671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.