DESAIN PROTOTIPE SISTEM MONITORING MINUM OBAT BAGI ODHA

Mufti Syawaludin, Izzati Muhimmah, Rahadian Kurniawan

Abstract


ODHA adalah sebutan bagi orang-orang yang telah terjangkit penyakit HIV/AIDS. Agar para ODHA tetap dapat dalam kondisi baik, dibutuhkan obat yang secara resmi direkomendasikan oleh pemerintah yaitu berupa terapi antiretroviral (ART). Dalam menjalankan terapi ARV harus meminum obat dengan disiplin ketat dan terus menerus seumur hidup ODHA untuk menghambat replikasi virus HIV, namun dalam kenyataanya banyak ODHA yang tidak mendapatkan hasil yang optimal dalam menjalankan terapi tersebut, karena kurangnya tingkat kepatuhan pasien dalam mengkonsumsi obat ARV dan juga tidak termonitoring dengan baik oleh para pendamping. Untuk itu dipandang perlu untuk merancang desain prototipe sistem monitoring minum obat bagi ODHA sebagai solusi masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan dengan studi pustaka, review aplikasi sejenis dan wawancara dengan petugas klinik pengobatan HIV/AIDS, Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) dan Pendamping ODHA. Sistem ini dikembangkan dengan metode Participatory Design yaitu Teknik Design dengan melibatkan users. Hasil dari penelitian ini berupa desain prototipe sistem monitoring minum obat bagi ODHA. Desain prototipe yang dihasilkan kemudian di uji menggunakan metode Questionnaire for User Interface Satisfaction (QUIS). Hasil pengujian dengan indikator penilaian keseluruhan sistem menunjukan nilai 72%, penilaian tampilan layar menunjukkan 77%, penilaian istilah dan informasi menunjukan 66%, penilaian mempelajari sistem mununjukan 80% dan perhitungan persentase indikator pengujian untuk penilaian kemampuan sistem 76%. Sehingga dilihat dari persentase hasil pengujian desain prototipe menunjukan sangat baik.

References


Kemenkes RI, PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 87 TAHUN 2014 TENTANG PEDOMAN PENGOBATAN ANTIRETROVIRAL. Jakarta, 2015.

J. E. Mayer and P. Fontelo, “Meta-analysis on the effect of text message reminders for HIV-related compliance,†AIDS Care - Psychol. Socio-Medical Asp. AIDS/HIV, vol. 29, no. 4, pp. 409–417, Apr. 2017.

E. J. Gómez, C. Cáceres, D. López, and F. Del Pozo, “A web-based self-monitoring system for people living with HIV/AIDS,†Comput. Methods Programs Biomed., vol. 69, no. 1, pp. 75–86, Jul. 2002.

C. Frauenberger, J. Makhaeva, and K. Spiel, “Blending Methods: Developing Participatory Design Sessions for Autistic Children,†2017.

P. K. A. Edward Sutanto, Matihot Nainggolan, “Perancangan aplikasi donor darah untuk kota bandung menggunakan metode Participatory Design,†2017.




DOI: https://doi.org/10.33387/jiko.v4i2.2226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.