MOTIF DAN PROSES PRODUKSI PESAN VIRTUAL DISPLAY OF AFFECTION (VDA) PADA INSTAGRAM REMAJA

Laura Antonietta, Salsabila Qatrunnada, Hanifa Khansa Zhafira

Abstract


Interaksi antara manusia dan computer terus berkembang sering dengan kemudahan dalam mengakses internet. Keperluan dalam mengakses internet tujuannya bermacam-macam. Namun berdasarkan laporan dalam berbagai survey pengunaan internet tertinggi yaitu pada media sosial. Dalam menggunakan media social tujuannya juga bermacam-macam ada yang untuk berjualan, pamer kekayaan, pamer kemesraan dengan pasangan maupun lainnya. Sebagaimana yang terlihat pada Instagram. Penelitian ini dilihat dari sudut pandang komunikasi dengan pendekatan Virtual Display of Affection (VDA).  VDA adalah salah satu bentuk komunikasi nonverbal yang menunjukkan kemesraan dengan orang lain dengan cara demonstrasi fisik dari hubungan antar-pasangan. Penelitian ini menggunakan teori motif dan teori proses produksi pesan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, pengumpulan data berupa wawancara, dan analisis data dari Miles dan Huberman. Kelima narasumber dalam penelitian ini adalah orang yang memposting Virtual Display of Affection (VDA) pada instagram mereka. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat motif yang mendasari dan terdapat proses produksi pesan sebelum narasumber memposting Virtual Display of Affection (VDA) di instagram mereka. Salah satunya adalah motif ekspresif, dimana narasumber ingin menunjukan eksistensinya dan juga proses produksi pesan berupa mempersiapkan caption yang ingin digunakan


References


APJII, 2019. Survey Internet di Indonesia 2019.

M. Alif., A. Triartanto., A. Hardian., F. Kurniawan & A. D. Suriyanto, 2018. Literasi Media Dalam Menanggulangi Berita Hoax (Studi Pada Pelajar SMKN 4 Bekasi dan Mahasiswa AKOM BSI, Jakarta). JURNAL ABDIMAS BSI, vol.1(3), pp. 416-423.

Databoks. 2019. Berapa Pengguna media Sosial Indonesia? Pusat Data Ekonomi dan Bisnis Indonesia | Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/02/08/berapa-pengguna-media-sosial-indonesia

I. Yuliana. 2019. “Adopsi Social Network Analysis (SNA) Dalam Upaya Membangun Ketangguhan Bencana Di Masyarakatâ€. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer). Vol 2 (2), pp. 49-54.

S. R. Hakim, dkk. 2020. Analisis Sentimen Pengguna Instagram Terhadap Kebijakan Kemdikbud Mengenai Bantuan Kuota Internet Dengan Metode Support Vector Machine (SVM). Journal MSA. Vol 8(2), pp. 15-25

D. F. Kusuma dan M. S. Sugandi. 2018. “Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, vol 3 (1). Pp. 18-33.

A. Priadana and S P Tahalea, 2021. Hashtag activism and message frames: social network analysis of Instagram during the COVID-19 pandemic outbreak in Indonesia. The 4th International Conference on Combinatorics, Graph Theory, and Network Topology (ICCGANT). Vol 1836. Pp.1-8

R. Trisminingsih dan R. A. Kurniawan. 2019. Social Media Listening pada Instagram untuk Kasus Kebakaran Hutan di Indonesia Menggunakan Graph Clustering. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK). Vol 6 (2), pp. 149-154.

Ramadhani, R., Putri, Y. R., & Fithrah, D. S. (2016). MOTIF VIRTUAL DISPLAY OF AFFECTION (Studi Deskriptif Kualitatif Pengguna Snapchat Di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Bandung). e-Proceeding of Management, 3(2), 2483-2488.

S. W. Littlejohn & K. A. Foss, 2009. Teori Komunikasi (Theories of Human Communication) (9th ed.). Salemba Humanika.

O. U. Effendy, 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek : Remaja Rosdakarya. Bandung

F. Oktaviani, B. Tyaswara, & Roswida. 2019. Strategi Komunikasi Kepala Adat Dalam Melestarikan Kesenian Beluk. Jurnal Signal, vol.7(2), pp. 128-149.

D. Mulyana 2008. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar : Remaja Rosdakarya. Bandung

M. Fajar 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik : Graha Ilmu. Yogyakarta

J. Rakhmat, 2011. Psikologi Komunikasi: Remaja Rosdakarya. Bandung

C. W. John. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed : Pustaka Pelajar. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.33387/jiko.v4i3.3322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.