SISTEM NOTIFIKASI UNTUK MENGURANGI RESIKO TERSESAT SAAT PENDAKIAN MENGGUNAKAN RECEIVED STRENGTH SIGNAL INDICATOR (RSSI)

Asmawaty Azis, Zagita Marna Putra, Muh Adnan Surya Azis, Andita Dani Achmad

Abstract


Laman website merupakan sarana penyampaian informasi penting bagi suatu organisasi, termasuk instansi Hilangnya pendaki di gunung sering terjadi akibat terpisah dari rombongan. Pada penelitian ini penulis membuat aplikasi berbasis Android dengan sistem notifikasi yang dapat memberikan peringatan ketika pendaki mulai menjauh dari jarak yang aman terhadap ketua rombongan. Dengan menggunakan nilai Received Strength Signal Indicator (RSSI) pada sinyal WiFi maka jauh dan dekatnya pendaki terhadap Access Point dapat diperkirakan serta fitur hotspot tethering pada Smartphone Android membuat sistem ini dapat digunakan di atas gunung tanpa jaringan internet. Jarak estimasi antara Access Point dengan Smartphone Android dapat ditentukan setelah mendapatkan nilai RSSI dan menentukan index pathloss (n) dengan hasil perhitungan jarak estimasi yang mendekati jarak sebenarnya. Pada penelitian ini diperoleh index pathloss dengan galat paling rendah yaitu n = 3 dengan galat pengukuran jarak sebesar 2,284 m. Sistem notifikasi yang bekerja pada aplikasi ini akan aktif dalam bentuk getaran pada jarak estimasi 5 meter hingga 10 meter dan jika jarak estimasi pendaki telah melebihi batas jarak 10 meter, maka akan aktif dalam bentuk getaran beserta suara alarm.


References


Daiya, V., Ebenezer, J., Murty, S. A. V. S., dan Raj, B. (2011): Experimental Analysis of RSSI for Distance and Position Estimation, 2011 International Conference on Recent Trends in Information Technology (ICRTIT), 1093-1098

Farras, U. M., Khaycal, M., & Rifan, M. (2020): Alat Pencegah Kehilangan Anggota Kelompok Di Pendakian, Autocracy: Jurnal Otomasi, Kendali, dan Aplikasi Industri, 7(2), 55-59.

Mastiana, N., Ulvan, A., dan Melvi (2021) : Sistem Peringatan Dini untuk Pengendalian Pembatasan Jarak Fisik dengan Metode RSSI Menggunakan Modul Wemos D1 Mini, Jurnal Rekayasa Elektrika Vol. 17, No. 4, Desember 2021, hal. 217-222.

Prasetyo, A., Syauqy, D., dan Kurniawan, W. (2018): Rancang Bangun GPS Back Track Pada Rekaman Rute Pendakian Menggunakan Sistem Embedded, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.

Razali, N. A. M., Habaebi, M. H., Zulkurnain, N. F., Islam, M. R., dan Zyoud, A. (2017). The Distribution of Path Loss Exponent in 3D Indoor Environment, International Journal of Applied Engineering Research, 12(18), 7154-7161.

Sony (2021) : Kenapa Pendaki Gunung Bisa Hilang?, https://napaktilas.net/penyebab-pendaki- gunung-hilang (diakses pada tgl 10 Juni 2022)




DOI: https://doi.org/10.33387/jiko.v5i3.5354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.