IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA UNTUK PENENTUAN JALUR TERPENDEK PADA APLIKASI EVAKUASI BENCANA UNTUK PENYANDANG DISABILITAS

Bahraen Folaiman, Rosihan Rosihan, Abdul Mubarak

Abstract


Penyandang disabilitas merupakan orang yang memiliki keterbatasan fisik maupun sosial ekonomi sehingga sangat rentan ketika terjadi bencana, untuk itu dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi lokasi dan akses jalan ke tim evakuasi agar proses evakuasi bisa dilakukan dengan cepat. Salah satu algoritma yang dapat menunjukan jalur terpendek adalah algoritma dijkstra. Cara kerja algoritma dijkstra memakai strategi greedy, dimana pada setiap langkah dipilih sisi dengan bobot terkecil yang menghubungkan sebuah simpul yang sudah terpilih dengan simpul lain yang belum terpilih. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan algoritma dijkstra untuk penentuan jalur terpendek pada aplikasi evakuasi bencana dan sistem perhitungan dijkstra berbasis web. Sistem dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman java dan PHP dengan prototype sebagai metode pengembangan sistemnya. Aplikasi dibuat dengan memanfaatkan teknologi GPS untuk menunjukan lokasi user. Dari hasil perbandingan antara aplikasi evakuasi bencana dan sistem berbasis web bahwa keduanya menunjukan rute terpendek yang sama hanya saja bobot jarak yang di tampilkan berbeda. Hal ini di karenakan pada sistem berbasis web hanya menggunakan koordinat yang tersedia di database, sedangkan pada aplikasi evakuasi bencana koordinatnya diambil langsung dari maps server. Dengan demikian penerapan algoritma dijkstra pada sistem akan memiliki jalur yang tepat dan akurat jika koordinat yang ditentukan semakin banyak.


References


R. Probosiwi, “Keterlibatan Penyandang Disabilitas Dalam Penanggulangan Bencana,†vol. 4, hal. 13–22, 2013.

S. J. Kesdm, A. Febriani, C. P. Sari, dan D. Ester, “Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral,†2015. [Daring]. Tersedia pada: http://vsi.esdm.go.id. [Diakses: 22-Sep-2017].

M. S. Handaka, “Perbandingan Algoritma Dijkstra ( Greedy ), Bellman-Ford ( BFS-DFS ), dan Floyd-Warshall ( Dynamic Programming ) dalam Pengaplikasian Lintasan Terpendek pada Link-State Routing Protocol,†informatika, hal. 1–8, 2011.

B. R. Rompas, “Aplikasi Location-Based Service Pencarian Tempat Di Kota Manado Berbasis Android,†no. 1, hal. 1–11, 2013.

U. Hasanah, N. Safriadi, dan Tursina, “Location Based Service Lokasi Masjid Pontianak Menggunakan Metode Dijkstra Berbasis Android,†J. Sist. dan Teknol. Inf., hal. 1–6, 2015.

N. Muslim dan A. Sunyoto, “Sistem Informasi Geografis Berbasis Pemetaan Potensi Panas Bumi Di Indonesia Menggunakan Google Maps,†J. Dasi, vol. 13, no. 2, hal. 60–64, 2012.

F. Mahdia dan F. Noviyanto, “Pemanfaatan Google Maps API untuk Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Bantuan Logistik Pasca Bencana Alam Berbasis Mobile Web,†J. Sarj. Tek. Inform., vol. 1, no. 1, hal. 162–171, 2013.

Fitria dan A. Triansyah, “Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Aplikasi Untuk Menentukan Lintasan Terpendek Jalan Darat Antar Kota Di Sumatera Bagian Selatan,†J. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, hal. 611–621, 2013.

D. S. Budi, T. A. Y. Siswa, dan H. Abijono, “Analisis Pemilihan Penerapan Proyek Metodologi Pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak,†Teknika, vol. 5, no. November, hal. 24–31, 2016.




DOI: https://doi.org/10.33387/jiko.v1i2.770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.