PENERAPAN METODE CASE BASED REASONING (CBR) UNTUK SISTEM PENENTUAN STATUS GUNUNG GAMALAMA

Ariyandi S Soroto, Achmad Fuad, Salkin Lutfi

Abstract


Letak geografis Indonesia berada di pertemuan dua lempeng yaitu Asia dan Australia, hal ini menyebabkan banyak terdapat gunung berapi. Selain itu pegunungan di Indonesia didominasi oleh gunung yang aktif dan berpotensi meletus sewaktu-waktu. Salah satu gunung yang memiliki riwayat letusan yang cukup sering yaitu gunung Gamalama, yang merupakan salah satu gunung aktif yang ada di Kota Ternate. Kondisi tersebut mengharuskan warga yang berada disekitar gunung Gamalama untuk tanggap akan bencana yang diakibatkan oleh letusan gunung Gamalama. Penelitian ini menghasilkan suatu Sistem Peringatan Dini status gunung gamalama. Data latih yang digunakan diambil dari Kantor Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Gunung Gamalama yang diklasifikasikan dalam tiga status yaitu normal, siaga, dan waspada. Metode Case Based Reasoning merupakan sebuah pendekatan penyelesaian masalah dengan menekankan peran pengalaman sebelumnya. Berdasarkan hasil pengujian dengan 3 skenario percobaan didapat akurasi rata-rata sebesar 80% dan persentasi kemiripan tertinggi sebesar 99,86%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sistem penentuan status gunung gamalama dapat diterapkan dengan metode Case Based Reasoning.

References


T. R. I. Yogatama, “Risiko Bencana Letusan Gunung Gede di Kecamatan Cipinas,†Universitas Indonesia, 2012.

Firmansyah, “Identifikasi Tingkat Risiko Bencana Letusan Gunung Api Gamalama Di Kota Ternate,†J. Lingkung. dan Bencana Geol., vol. 2, no. 3, pp. 203–219, 2011.

A. Abdiansah, “Fuzzy Case-Based Reasoning: Implementasi Logika Fuzzy pada Case-Based Reasoning,†J. Generic, vol. 8, no. 1, pp. 1–11, 2013.

S. Hendra and S. Kusumadew, “Fungsi Similaritas Pada Sistem Berbasis Kasus Penyelesaian Masalah Akademik Mahasiswa,†Semin. Nas. Inform. Medis, no. 3, pp. 116–123, 2015.

W. Oktinas, “Analisis Sentimen Pada Acara Televisi Menggunakan Improved K-Nearest Neighbor,†2017.

I. W. Perdana, “Klasifikasi Jenis Gempa Gunung Berapi Menggunakan Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation,†2013.

Tempola, F., Arief, A., dan Muhammad, M., 2017. Combination Of Case-Based Reasoning And Nearest Neighbour For Recommendation Of Volcano Status. ICITISEE 2017 (https://ieeexplore.ieee.org/document/8285525/ : dikases 20 Januari 2018)




DOI: https://doi.org/10.33387/jiko.v1i2.771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.