SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BANTUAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) PADA ORANG MISKIN DI KOTA TERNATE MENGGUNAKAN METODE AHP

Akbar Riodano Laisouw, Salkin Lutfi, Firman Tempola

Abstract


Dalam pemberian bantuan sosial PKH (program keluarga harapan) pada Dinas Sosial Kota Ternate masih belum optimal, karena pada saat pemilihan penerima bantuan belum ada sistem yang mendukung sehingga pada saat proses pemilihan masih menggunakan perkiraan saja dan belum adanya perhitungan pada saat pemilihan penerima bantuan tersebut. Sehingga sedikit atau banyaknya warga terkadang protes karena warga yang seharusnya mendapatkan bantuan tetapi mereka tidak mendapatkan bantuan tersebut, begitupun sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem pendukung keputusan dalam pemberian bantuan sosial program keluarga harapan dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process. Kriteria yang digunakan ada 7 kriteria yaitu Disabilitas, Lanjut usia, Ibu hamil/nifas, Anak usia di bawah 6 tahun, Anak SD, Anak SMP dan Anak SMA. Metode Analytic Hierarchy Process adalah metode penyelesaian dengan menggunakan perhitungan matriks pairwise comparison (perbandingan berpasangan), dimana setiap kriteria dibobotkan dan dilakukan perhitungan matriks perbandingan berpasangan. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi sistem pendukung keputusan pemberian bantuan PKH di Kota Ternate berbasis web yang dapat memberikan rekomendasi kepada pihak Dinas Sosial Kota Ternate sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan dalam pemberian bantuan PKH.

References


. Badan Pusat Statistik, Katalog BPS :3205005.82, 2015. Profil Kemiskinan Provinsi Maluku Utara, (http://malut.bps.go.id.) (di akses 14 November 2017 pukul 03.18 PM

. Adisty Sukma Saputri, 2013. Sistem Pendukung Keputusan Pengajuan Dana Kredit Pada PD.BPR Kota Sukabumi Dengan Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process.http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-adistysukm-31637&q=sistem%20pendukung%20keputusan.

. Rifan Syaiful, 2011. Mengenal Metode AHP (Disertai studi kasus Pemilihan Mahasiswa Terbaik) . http://sir.stikom.edu/ahp/1004/.

. Sri Kusumadewi, dkk. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MAMD). Yogyakarta: Graha Ilmu.

. Eni Irviani, 2018. Algoritma K-Means Clustering untuk Menentukan Nilai Gizi Balita. Universitas Bima Sarana Informatika.

. Atikah Arma, 2013. Aplikasi Pembelajaran Mengenal Angka, Bentuk dan Warna untuk Usia 4-5 Tahun Berbasis Android. http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op= read&id=jbptunikompp-gdl-atikaharma-32072&q=atikah.

. Dinas Sosial (DINSOS) Kota Ternate, 2017. Program Keluarga Harapan Kota Ternate




DOI: https://doi.org/10.33387/jiko.v2i1.973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.