SOSIALISASI K3 PADA PENAMBANG EMAS SKALA KECIL DESA ANGGAI KECAMATAN OBI

Edward Rizky Ahadian, Erwinsyah Tuhuteru, Firman Firman

Sari


Kegiatan penambangan emas skala kecil (PESK) di Desa Anggai Kecamatan Obi sudah berlangsung selama 25 tahun. Ada beberapa insiden yang mengancam keselamatan dan kesehatan kerja, salah satunya tercebaknya 5 penambang dalam lombong penggalian akibat genangan air saat hujan turun. Kegiatan sosialisasi keselamatan dan kesehatan kerja (K3) kepada pelaku PESK menjadi penting dilakukan untuk memastikan operasi penambangan di wilayah izin pertambangan rakyat (IPR) di Desa Anggai berlangsung dengan baik. Sosialisasi K3 yang akan dilakukan meliputi kesadaran melakukan operasi penambangan yang aman dari bahaya, pentingnya memakai alat pelindung diri (APD) standar, infrastruktur penunjang (blower, tali yang kuat sebagai alat transportasi ore atau penambang, penerangan, sistem penyanggaan yang kuat) dalam lombong atau sumur penggalian yang menunjang keselamatan dan kesehatan para penambang; penanganan dan reduksi pereaksi kimia yang digunakan dalam pengolahan (merkuri, sianida dan bahan kimia lainnya). Sosialisasi K3 ini diharapkan bisa menjadi transfer pengetahuan guna dipraktekan oleh para pekerja tambang emas skala kecil. Keselamatan dan kesehatan kerja menjadi hal nomor satu dalam operasi penambangan. Hasil dari sosialisasi yang dilakukan adalah 65,714% telah mengetahui pentingnya menggunakan alat keselamatan.

Kata kunci: Anggai, Sosialisasi, K3, Obi, PESK


Teks Lengkap:

39 - 43

Referensi


Dahlawy, A.D. 2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Area Pengolahan PT. Antam Tbk, Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor Kabupaten Bogor Tahun 2008. Skripsi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Darma, Z., Yunasril, Y., dan Heriyadi, B. 2018. Studi Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Pertambangan Emas Rakyat di Kenagarian Palangki Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung. Bina Tambang. 3(1):634-645.

Purba, H.I., Girsang, V.I., dan Siadari, S.M. 2019. Dampak Sosialisasi Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jurnal Mutiara Kesehatan Masyarakat. 4(1):54-67.

Yulandari, W.D., Saptawan, A., dan Ermanovida, E. 2019. Implementasi Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Keselamatan Pertambangan di PT. Bukit Asam Tbk. Tanjung Enim. Tesis. Universitas Sriwijaya. Palembang.




DOI: https://doi.org/10.33387/jkc.v1i2.3694

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Informatio

Editorial Office :
Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia | Email : jkc@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.