UJI LAIK FUNGSI JALAN DALAM MEWUJUDKAN JALAN YANG BERKESELAMATAN STUDI KASUS JALAN UTAMA KOTA WEDA

Ummu Humaira Mubin, Abdul Gaus, Andi Arifah Pasri, Yuni Damayanti

Abstract


Kecelakaan lalu lintas menelan korban sekitar 1,2 juta jiwa manusia setiap tahun. Ada tiga faktor
utama yang menyebabkan terjadinya kecelakaan, pertama adalah faktor manusia yaitu
pengemudi kendaraan dan pejalan kaki, kedua adalah faktor prasarana yaitu jalan, dan yang
terakhir adalah faktor sarana yaitu kendaraan. Pada ruas jalan ini juga masih banyak
kekurangan dari segi standar teknis dan tingkat kepentingan penanganannya. Untuk itu
penelitan ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kelaikan fungsi jalan serta perbaikan yang
diperlukan agar jalan menjadi laik menurut Uji Laik Fungsi Jalan (ULFJ) berdasarkan
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum nomor 11/PRT/M/2010 dan merekomendasikan
penanganan teknis. Data yang diperlukan untuk mengetahui angka kecelakaan yang terjadi pada
ruas jalan ini yaitu data kecelakaan dari Polres Kota Weda dan analisis uji laik fungsi teknis
jalan yang dilakukan dengan maksud menilai seberapa besar penyimpangan dimensi antara hasil
ukur dilapangan terhadap persyaratan teknisnya meliputi : teknis geometrik jalan, teknis
struktur perkerasan jalan, teknis struktur bangunan pelengkap jalan, teknis pemanfaatan bagian
jalan, teknis penyelenggaraan manajemen dan rekayasa lalu lintas, dan teknis perlengkapan
jalan. Berdasarkan hasil penelitian untuk teknis uji laik fungsi jalan pada jalan utama yang ada
pada pusat Kota Weda diperoleh kategori Laik Fungsi Bersyarat (LS), akan tetapi ruas jalan
tersebut masih dapat memberikan jaminan keamanan dan keselamatan untuk pengguna jalan.

References


Djalante, Susanty. 2013, Upaya Penanggulangan Lokasi Rawan Kecelakaan Berdasarkan Standar Teknis Pelaksanaan

Laik Fungsi Jalan (Studi Kasus : Simpang Jl. A.Yani – Jl. Budi Utomo – Jl. M.T.Haryono). Jurnal Stabilita Staf

Pengajar Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Haluoleo.

Hobss, F.D. 1995, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Gadjah Mada University Press.

Maulana Iqbal, Akbar Nur Rizqi, dan Firman . 2015, Pengkategorian Peniliaian Uji Laik Fungsi Jalan Ditinjau Dari

Aspek Keselamatan. Jurnal FSTPT International Symposium, Unila, Bandar Lampung.

Panduan Teknis Pelaksanaan Laik Fungsi Jalan. Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 11/PRT/M/2010, Tata Cara dan Persyaratan Laik Fungsi Jalan.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 19/PRT/M/2011, Persyaratan Teknis Jalan dan Kriteria Perencanaan

Teknis Jalan.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 11/PRT/M/2011, Pedoman Penyelengaraan Jalan Khusus.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 13/PRT/M/2011, Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan.

Siallagan, Melgibson, dan Sadad, Abdul. 2015, Pelaksanaan Pengawasan Kendaraan Laik Jalan (Studi Kasus Bus

Kota di Kota Pekanbaru). Jurnal Sipil Program Studi Ilmu Administrasi Publik FISIP Universitas Riau.

Suciati, Sri. 2017, Analisa Kelaikan Fungsi Jalan Berdasarkan Pendekatan Kuantitatif AHP (Studi Kasus : Jalan

Lobak Kota Pekanbaru). Jurnal Teknik Sipil Program Studi Pasca Sarjana Teknik Sipil Universitas Riau.

Sukirman, Silvia. 1994, Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Nova, Bandung.

Usman, Nurwidyasari. 2018, Uji Laik Fungsi Jalan Terhadap Keselamatan Berlalu Lintas (Studi Kasus Jalan Raya

Bastiong). Skripsi Teknik Sipil Universitas Khairun.

Zachawerus, Josanty, 2016, Uji Laik Fungsi Jalan Dalam Mewujudkan Jalan Yang Berkeselamatan (Studi Kasus

Jalan Utama Di Pusat Kota Ternate), Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.33387/josae.v3i1.2206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal Of Science And Engineering




Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information



Editorial Office :
Journal Of Science and Engineering
Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia
.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.