Evaluasi fasilitas fungsional pelabuhan perikanan pantai Bacan

Irham Irham, Kusdi Hi Iksan, Hardin Hardin

Abstract


Pelabuhan perikanan pantai Bacan merupakan pusat kegiatan nelayan, pedagang dan pengolah ikan di kabupaten Halmahera Selatan.Keberhasilan operasional pelabuhan perikanan pantai Bacan tidak terlepas dari faktor-faktor pendukung yang ada, salah satunya adalah tersedinya fasilitas fungsional yang memadai.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna fasilitas fungsional di pelabuhan perikanan pantai Bacan. Metode pengumpulan data menggunakan metode survey dan observasi dengan cara pengamatan langsung di lapangan, wawancara, dan pengisian kuisioner. Analisis data menggunakan customer satisfaction index (CSI) untuk mengetahui besarnya tingkat kepuasan nelayan, importance and performance analysis (IPA) untuk mengetahui atribut fungsi yang dianggap penting oleh nelayan, dan analisis kesenjangan untuk mempersepsikan pelayanan yang diterima konsumen.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat sebanyak 13 unit fasilitas fungsionaldi pelabuhan perikanan pantai Bacan, namun yang memperoleh kategori baikdengan kondisi layak pakaihanya 10 unit.Adapun tingkat kepuasan fasilitas fungsional mencapai 83% dengan kategori puas.

Kata kunci: Evaluasi, fasilitas fungsional, pelabuhan perikanan pantai Bacan


References


Aryani, D. Rosinta, F. 2010. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan.J.Administrasi dan Organisasi. 17(2): 114-126.

Atharis, Y. 2008. Tingkat Kepuasan Nelayan Terhadap Pelayanan Penyediaan Kebutuhan Melaut di Pelabuhan Perikanan Samudra Bungus Sumatra Barat.Skripsi.IPB. Bogor.

Ditjen Perikanan Tangkap. 2002. Pedoman pengelolaan pelabuhan perikanan. Jakarta keputusan menteri pendayagunaan aparatur negara nomor : Kep/25/M.Pan/2/2004 tentang pedoman umum penyusunan indeks kepuasan masyarakat unit pelayanan instansi pemerintah.

Guswanto, B. Gumilar, I. Hamdani, H. 2012. Analisis indeks kinerja pengelola dan indeks kepuasan pengguna di pelabuhan perikanan samudera Nizam Zachman Jakarta.J.Perikanan dan Kelautan. 3(4): 151-163.

Irawan, N. 2006.Analisis kepuasan mitra pembiayaan koperasi Baitul Maal Tadbirul Ummah.Skripsi.Departemen Ekonomi dan Manajemen.Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Kusumawati, P. 2010. Upaya peningkatan kinerja usaha perikanan peningkatan lingkungan usaha pada alat tangkap cantrang (boat seine) dan kebijakan pemerintah daerah di kabupaten Rembang.J.Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Diponegoro.

Lubis, E. 2006. B. Pengantar pelabuhan perikanan. Departemen pemanfaatan sumberdaya perikanan, Fakultas perikanan dan ilmu kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Lubis, E. 2011.Kajian peran strategis pelabuhan perikanan terhadap pengembangan perikanan laut.J. Sumberdaya Perairan Akuatik. 5(2): 1-7.

Soamole, B. Bendiktus, S. 2013. Analisis presepsi penumpang terhadap kualitas pelayanan angkutan laut di pelabuhan regional Sanana kabupaten Kepulauan Sula. Maluku Utara. J. Teknik Sipil. 12(3): 201-209.

Supranto, J. 2011. Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan untuk menaikkan pangsa pasar. Jakarta. Rineka Cipta.

Walpole, R. E. 1997. Pengantar statistika.PT. Gramedia Pustaka Utama.Jakarta, 48.

Widiastuti, Ari. 2010. Kinerja Operasional Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta.Skripsi.IPB Bogor.




DOI: https://doi.org/10.33387/jikk.v3i2.2590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

Address : Marine Science Study Program, Faculty of Fisheries and Marine Science - Khairun University, Ternate, North Maluku, Indonesia