Abundance and distribution of reef fish in Pahawang Island Waters Pesawaran District Lampung

Darma Yuliana, Ayu Rahmasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelimpahan dan distribusi jenis ikan karang berdasarkan analisis cluster. Penelitian dilakukan pada bulan November 2019 di Pulau Pahawang,Kabupaten Pesawaran Lampung. Pengamatan ikan karang dilakukan denganmetode Visual Census. Hasil observasi ikan karang terdapat 13 famili yang terdiri dari 27 genus dan 1940 individu. Kelimpahan ikan karang pada perairan  Pahawang tertinggi terdapat pada Famili Pomacentridae pada genus Abudefduf  sebesar 1,79 ind/m2 pada stasiun 1 dan Neoglypidodon sebesar 1,45 ind/m2 pada stasiun 2. Kedua kelompok ikan tersebut termasuk kedalam ikan mayor. Hasil analisis didapatkan .Kelompok ikan  Mayor (73,5 %), ikan target (16,5%) and ikan indicator  (0,7%). Ikan target dan mayor merupakan ikan yang paling banyak ditemui di daerah penelitian. Ikan indikator yang ditemui adalah hanya dari jenis ikan dari family Chaetodontidae. Minimnya kelompok ikan indikator menunjukkan bahwa kondisi ekosistem terumbu karang di Pulau Pahawang tidak dalam kondisi yang baik, karena ikan indikator merupakan petunjuk untuk menilai baik dan tidaknya kondisi terumbu karang.

 Kata kunci: Terumbu Karang, Visual Census


References


Allen, G., R. Steene, P. Humann, N. Deloach. 2003. Reef Fish Identification, Tropical Pacific. New World Publication. Singapore. 484 p.

Choat JH, Bellwood DR. 1991. Reef Fishes : Their History and Evolution. In The Ecology of Fishes on Coral Reef, Sale. P. F. Academic Press, San Diego. United States.

English S, Wilkinson C and Baker V.1994. Survey Manual for Tropical Marine Resources. Australian Institut of Marine Science. Townsville.

Ghufran, M.H., Kordi, K.2010. Ekosistem Terumbu Karang. Lily Publisher. Yogyakarta.

Hair, Jr et.al. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed). United States : Pearson

Nasir Muhammad. 2017. Struktur komunitas ikan karang di perairan Pulau Batee Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. BIOLEUSER, 1(2):76-85

Odum, E.P. 1971. Fundamentalis of Ecology. 3rd edition. W.B. Saunders. Philadelphia. 574p.

Rani, C, A. I. Burhanuddin, Atjo, A. A. 2010. Sebaran dan Keanekaragaman Ikan Karang di Pulau Barrang Lompo : Kaitannnya Dengan Kondisi dan Kompleksitas Habitat. Fakultas Kelautan dan Imu Kelautan, Universitas Hasanuddin. Makassar. 12 hal.




DOI: https://doi.org/10.33387/jikk.v4i1.3351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

Address : Marine Science Study Program, Faculty of Fisheries and Marine Science - Khairun University, Ternate, North Maluku, Indonesia