PERSEPSI PENDERITA KUSTA TERHADAP STIGMA KUSTA DI KOTA TERNATE

LIASARI ARMAIJN

Sari


Penyakit kusta adalah penyakit menular, menahun dan disebabkan oleh kuman kusta yakni bakteri Mycobacterium leprae. Penyakit ini masih ditakuti masyarakat termasuk petugas kesehatan karena kurangnya pengetahuan serta kepercayaan yang keliru terhadap kusta dan kecacatan yang ditimbulkannya. Kota Ternate memiliki prevalensi kusta ke-5 tertinggi dari 10 kab/kota di Maluku Utara. Tingginya prevalensi penyakit, kusta pada anak dan cacat akibat kusta menunjukkan bahwa masih terdapat penularan di masyarakat dan keterlambatan deteksi dini kusta. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang persepsi penderita kusta terhadap stigma kusta. Penelitian menggunakan metode kualitatif survey, di Kota Ternate pada bulan Juli-September tahun 2019. Responden penelitian adalah 16 orang penderita kusta aktif dan orang yang pernah mengalami kusta (Release From Treatment/RFT). Pengumpulan data dilakukan dengan survey dan wawancara mendalam, Selanjutnya data dianalisis dengan content analysis (deskripsi isi). Hasil penelitian adalah semua responden mengetahui kusta sebagai penyakit menular dan berusaha untuk menutupi diagnosis penyakitnya karena merasa malu, tidak percaya diri dan takut akan dikucilkan dari keluarga dan masyarakat (self stigma).

Kata kunci: Kusta, Stigma, Ternate

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Ditjen PP dan PL Kemenkes RI Jakarta. 2012. Pedoman Nasional Program Pengendalian Penyakit Kusta. www.depkes.go.id.

Global Leprosy Update 2018: Moving Towards a Leprosy-free World. Wkly Epidemiol rec. 2019, 94:389-412.

Kementerian Kesehatan RI. 2019. Keputusan Menteri Kesehatan RI No. HK. 01.07/MENKES/308/209 tentang Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana Kusta.

Soedarjatmi, Tinuk Istiarti, Laksmono Widagdo. Dalam: Faktor-faktor yang melatarbelakangi persepsi penderita terhadap stigma penyakit kusta. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia Vol. 4 / No. 1 / Januari 2009.

Wisnu IM, Daili ES, Menaldi SL. 2010. Kusta. Dalam: Djuanda, Adhi dkk. (ed). Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin. Edisi Ketujuh. Jakarta: Balai Penerbit FKUI, h.73-88.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.web.id/stigma

ILEP. 2011. Guide 1. Guideline to Reduce Stigma. What is Health Related Stigma.

Klara Latalova, Dana Kamaradova, Jan Prasko. In: Perspectives on perceived stigma and self-stigma in adult male patients with depression. Dovepress. 2014

Benjamin Kora. Dalam: Faktor Risiko Kejadian Penyakit Kusta di wilayah kerja Puskesmas Saumlaki Kabupaten Maluku Tenggara Barat Tahun 2010-2011. Jurnal MKMI /Desember 2013, Hal 236-242.

Pusdatin Kemenkes RI Jakarta. 2018. Infodatin: Hapuskan Stigma dan Diskriminasi Terhadap Kusta. http://www.pusdatin.kemkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/infoDatin-kusta-2018.pdf




DOI: https://doi.org/10.33387/kmj.v1i2.1705

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Informatio

Fakultas Kedokteran, Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.