KARAKTERISTIK PASIEN STROKE ISKEMIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. H. CHASAN BOESOIRIE TERNATE

Farhan Syahti M S, Endang Kristanti, Hilmi Umasangadji, Nur Upik En Masrika

Sari


Stroke dikenal sebagai masalah kesehatan yang menyebabkan kematian kedua dan sebagai penyebab kacacatan ketiga di dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik pasien stroke iskemik periode Januari-Desember 2019 di RSUD Dr. H. Chasan Boesoirie Ternate. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif retrospektif dengan pendekatan cross-sectional. Menggunakan teknik total sampling. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh penderita stroke di RSUD Dr. H. Chasan Boesaoirie yang sudah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi periode Januari-Desember 2019. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pasien stroke iskemi paling banyak diderita oleh laki-laki sebanyak 62%, dengan rentan umur sekitar 51-60 tahun dengan presentase 50%. Memiliki kadar kolesterol total mendekati normal 50%, kadar LDL mendekati normal 50%, kadar HDL mendekati normal 50%, kadar TGA normal 69%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mayoritas kasus stroke Iskemik yang didapatkan di RSUD Dr. H. Chasan Boesoirie ialah berjenis kelamin laki- laki, kelompok usia 51-60 tahun dan hasil profil lipid pada penelitian ini kebanyakan masih pada kadar mendekati normal.
Kata Kunci : Jenis Kelamin, Profil Lipid, Stroke iskemik, Usia,


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


American Stroke Association. (2014) ‘About stroke’. Available from: http://www.strokeassociation.org?Strokeorg/ diakses 18 Oktober 2019

Aninditha, T., Wiratman W. (2017), ‘Buku Ajar Neurologi’. Ed 1. Tanggerang. Kedokteran Indonesia. Anonim. (2018), ‘Data Rekam medik RSUD Chasan Boesoirie. Prevalensi penyakit stroke’. RSUD dr. H.

Chasan Boesoirie. Ternate.

Caplan LR., (2006). ‘Stroke. Chapter 4 How Can Stroke Be Prevented’. American Academy of Neurology.

New York.

Fauziah, E., Yarlitasari, D., and Muhsinin, M. (2016), ‘Analisis Faktor-Faktor yang berhubungan dengan Kejadian Stroke Non Hemoragik di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas’, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Caring, 2(2), 54-72.

Khan M.N., Khan H.D., Ahmad M., Umar M. (2014), ‘Serum total and HDL-cholesterol in ischemic and hemorrhagic stroke'. Ann pak. Ins. Med sci. 10(1):22-6

Mandala Z. (2015), ‘Perbandingan Kadar Profil Lipid Darah Pada Stroke Iskemik Dan Stroke Hemoragik Di RSUD DR. H. Abdoel Moeloek Bandar Lampung Tahun 2014’. 2(2):86–90.

Manurung, R. D. (2015), ‘Hubungan Faktor Predisposisi Dan Faktor Pencetus Terhadap Kejadian Stroke Dipoli Neurologi Rsud Dr. Pirngadi Medan Tahun 2014’, Poltekes Kemenkes Medan, Jurnal Pannmed.

Mayte E van Alebeek, Renate M Arntz, Merel S Ekker, Nathalie E Synhaeve, Noortje AMM Maaijwee, Hennie Schoonderwaldt, dkk, (2017). ‘Risk factors and mechanisms of stroke in young adults’.

Santoso A, (2017). ‘Kelainan Lipid dan Lipoprotein, serta Penyakit Kardiovaskular. Dalam: Yuniadi Y, Hermanto DY, Siswanto BB, editor. Buku Ajar Kardiovaskular’. Jilid 2. Jakarta : Sagung Seto.

Setiati, s. (2017). ‘Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam’. Ed 4. Jilid 2. Jakarta. Interna publishing.




DOI: https://doi.org/10.33387/kmj.v2i2.2792

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Informatio

Fakultas Kedokteran, Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.