ANALISIS MIGRASI PENDUDUK TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN EKONOMI MASYARAKAT FITU KECAMATAN KOTA TERNATE SELATAN

Risky Nuri Amelia, Tamrin Robo, Sahdia Robo

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Analisis Migrasi Penduduk Terhadap Tingkat Pendapatan Masyarakat Dikelurahan Fitu Kota Ternate Selatan. Tujuan dari penelitan deskriptif kuantitatif adalah untuk membuat deskriptif, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang dimiliki. Populasi dalam penelitian berjumlah 267 KK, sedangkan sampel yaitu 73 sampel secara acak, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini, menggunakan metode proporsonal area random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi, kuesioner/angket dan dokumentasi. Hasil Penelitian yaitu pertama, tingkat pendapatan migrasi penduduk di Kelurahan Fitu Kecamatan Kota Ternate Selatan mengalami peningkatan dibadingkan di daerah asal. Sehingga para migran dapat mecukupi kebutuhan keluarganya. Selain itu peninggkatan status kondisi para migran dapat diketahui dari mempunyai tempat tinggal sendiri, memiliki perabotan elektronik, dan kendaraan pribadi. Kedua, faktor yang mempengaruhi para responden untuk bermigrasi dari daerah asal ke daerah tujuan yaitu memenuhi kebutuhan hidup. Faktor lain dikarenakan di tempat tujuan memiliki sarana dan prasarana yang memadai seperti fasilitas pendidikan, kesehatan, dan trasportasi. Selain itu di Kelurahan Fitu mereka berpeluang untuk membuka usaha dan kesempatan kerja yang lebih luas.

 


Teks Lengkap:

28 - 33

Referensi


Saefullah, A.D. 1994. Mobilitas Penduduk Dan Perubahan Di Pedesaan, Jurnal Prisma vol (8) No. 1: 1-70 7.

Sahimu. 2014. Analisis Pertumbuhan penduduk Pada Tiga Desa Di Kecamatan Obi Utara Kabupaten Halmahera Selatan Tahun 2008-2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi. Jurusan Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Khairun, Ternate.

Salmah, A. 2010. Teori Dan Konsep Migrasi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Makalah. Pendidikan Geografi Jurusan P.IPS.

Rustariyuni, D.W. 2013 Faktor-Faktor Yang Mempegaruhi Minat Migran Melakukan Mobelitas Non Parmanen Ke Kota Denpasar. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana. Jurnal Ekonomi Pembagunan. Vol (9) No. 2:3-5




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v1i1.1187

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License