Analisis Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Ternate

Indira Aditari Khayatun Nufus, Nurdin A. Rahman, Eva Marthinu

Sari


Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Geografi sangat penting dalam mendukung kemampuan belajar siswa. Dengan adanya minat belajar siswa yang tinggi terhadap Geografi, siswa akan semakin mudah dalam mengikuti proses pembelajaran. Akan tetapi, tidak semua siswa memiliki minat yang sama terhadap mata pelajaran Geografi. Minat belajar siswa dalam mata pelajaran Geografi terdiri dalam berbagai kategori antara lain sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui minat belajar siswa di kelas XI IPS SMA 2 Kota Ternate pada mata pelajaran geografi. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan survei. Data penelitian diperoleh menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi saat dilakukan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, penelitian tersebut menunjukan bahwa minat belajar siswa di kelas XI IPS SMA 2 Kota Ternate pada mata pelajaran geografi tergolong dalam kategori tinggi sebesar 64,8%. Hal tersebut disebabkan oleh faktor internal dalam diri siswa berupa perasaan senang, ketertarikan, rasa perhatian dan peran aktif siswa yang berusaha terlibat dalam mata pelajaran Geografi menciptakan kesadaran siswa tentang arti penting mata pelajaran geografi dalam proses pembelajaran. Adapun tingginya minat siswa juga dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti peran guru dalam memberi motivasi tentang arti penting mata pelajaran geografi dan dukungan dari pihak orang tua siswa yang memberikan semngat kepada siswa untuk senantiasa belajar.

 

Kata kunci: minat belajar siswa, mata pelajaran geografi.


Teks Lengkap:

74 - 84

Referensi


Akuin Sando, 2013. Hubungan Antara Lingkungan Belajar dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Geografi. Skripsi, Lampung: Universitas Lampung.

Noor Rohmah Hidayati, 2010. Hubungan antara minat belajar dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar geografi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kalasan tahun pelajaran 2009/2010. Tesis, Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Riko Pardinal, 2013. Studi Tentang Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas (SMA) Plus Binabangsa Sukajadi Pekanbaru. Skripsi, Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v1i2.1483

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License