Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Daruba 2 Kepulauan Morotai Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD).
Nurhani Mahmud
Sari
Pemahaman siswa tentang operasi pecahan masih sangat terbatas sehingga menyebabkan siswa belum mampu menyamakan penyebut yang berbeda. Kemampuan siswa menghitung operasi hitung pecahan terutama mengoperasikannya masih sangat kurang bagi siswa sehingga dari hasil belajar yang diperoleh masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika operasi hitung penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama melalui model pembelajaran koopertif tipe STAD pada siswa kelas V SD Daruba 2 Morotai. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan Refleksi. Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa digunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sehingga hasil penelitian setiap siklus menunjukkan peningkatan setiap siklus. Pada tindakan siklus 1 tingkat hasil belajar siswa mencapai 30 % dan pada tindakan siklus II hasil belajar yang dicapai siswa dengan ketuntasan belajar 90% dan telah mencapai KKM (70). Penerapam model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang operasi penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama kelas V SD Daruba 2 Morotai