ADAPTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MIPA

Bety Miliyawaty, Pamutu Pamuti

Sari


Pendidikan sebagai upaya mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta  bertanggungjawab.  Dalam  hal  ini, siswa perlu dibekali dengan pendidikan karakter untuk pengembangan nilai-nilai ideologi bangsa, agama, budaya, dan nilai-nilai yang telah dirumuskan dalam tujuan pendidikan nasional. Pendidikan karakter bukan hanya menjadi tanggungjawab mata pelajaran Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), namun proses pembelajaran nilai-nilai karakter dapat diintegrasikan di dalam setiap mata pelajaran sejak proses pembelajaran  berlangsung.  Adapun  nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan dalam setiap mata pelajaran meliputi: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri,  demokratis,  rasa  ingin  tahu,  semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai-nilai karakter tersebut sejalan dengan visi MIPA dan tujuan kurikulum 2013 yaitu untuk mempersiapkan peserta didik agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, berpikir dan bersikap kritis, kreatif, inovatif, afektif, cermat, objektif dan terbuka, menghargai keindahan matematika dan IPA, rasa ingin tahu dan senang belajar MIPA serta mampu berkonstribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Namun di sisi lain  fenomena dekadensi moral sungguh amat memprihatinkan, tidak semakin berkurang, justru semakin meningkat. Upaya-upaya dari berbagai pihak termasuk pihak sekolah selama ini ternyata belum mampu mewadahi pengembangan karakter peserta didik secara dinamis dan adaptif. Seiring waktu bergulir, permasalahan ini merupakan salah satu indikator kekurangberhasilan sekolah dalam menanamkan pendidikan karakter terhadap peserta didik. Dalam pembahasan makalah ini, tim penulis mencoba menelaah bagaimana konsep mengadaptasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika dan IPA, untuk mendukung tumbuhnya budaya dan karakter siswa di sekolah. Pembahasan yang disajikan meliputi tiga hal, yakni kurikulum 2013, pendidikan karakter, dan adaptasi pendidikan dalam pembelajaran matematika dan IPA

Teks Lengkap:

58-70


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v6i1.2680

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogikpgsd@yahoo.co.id