MEMBANGUN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA KARTU HURUF

Hauliad Din, Samsu Somadayo, Darmawaty Hady

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil kreativitas siswa Sekolah Dasar dengan memanfaatkan media kartu huruf. Dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka (library research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan mengumpulkan jurnal maupun referensi yang terkait dengan definisi menulis, kreativitas siswa sekolah dasar dan definisi media kartu huruf. Dalam penelitian studi pustaka (library research), terdapat dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Kemudian data tersebut dianalisis dan ditarik kesimpulan. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Analisis Isi (content analysis), dimana merupakan penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak yang ditemukan dalam media massa maupun media cetak. Hasil penelitian yang dikaji berdasarkan penelitian terdahulu yang dianggap relevan terkait dengan masalah yang diteliti, tentang membangun kreativitas siswa dalam pembelajaran menulis dengan memanfaatkan media kartu huruf. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan sebuah media akan dapat membangun kreativitas siswa khususnya dalam menulis. Hal ini menunjukan dengan menerapkan media kartu huruf siswa akan terangsang dalam mengembangkan kreativitasnya.

Teks Lengkap:

13-25


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v7i2.2685

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogikpgsd@yahoo.co.id