NILAI KARAKTER CERITA DONGENG DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 7 KEBERSAMAAN KELAS II SD

firginita Manganguwi, Samsu Somadayo, Suhardi Abdullah

Sari


Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menganalisis nilai karakter cerita dongeng dalam pembelajaran tematik tema 7 kebersamaan kelas II SD. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian nilai karakter dalam Pembelajaran Tematik Tema 7 Kebersamaan Kelas II SD dapat disimpulkan bahwa dari kelima cerita dongeng tersebut dapat dianalisis bahwa ada dua cerita dongeng yang memiliki nilai karakter paling banyak yaitu masing-masing mengandung lima nilai karakter. Dongeng yang paling banyak mengandung nilai karakter yaitu dongeng yang berjudul “Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan†dan “Kiki dan Kikuâ€. Dari dua cerita dongeng tersebut, dongeng “Kiki dan Kiku†memiliki kalimat atau dialog yang paling banyak dalam cerita dongeng dari kelima nilai karakter yaitu nilai karakter kerja keras, rasa ingin tahu, komunikatif, cinta damai, dan peduli sosial.

Teks Lengkap:

26-38


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v7i2.2686

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogikpgsd@yahoo.co.id