PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA PADA KONSEP BENDA DAN SIFATNYA

Masrifah Masrifah, Natalia Ihe

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD Inpres ADU BARU kelas IV pada konsep benda dan sifatnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres Adu Baru kecamatan Ibu selatan yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dengan menggunakan soal yang berbentuk pilihan ganda dan berjumlah 19 butir soal pada siklus I dan siklus II berjumlah 20 soal. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif (Prosentase) untuk mengetahui ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil analisis data observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 67,5% dan pada siklus II sebesar 80%. Sedangkan hasil aktivitas pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 64% dan pada siklus II sebesar 82,2%. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 17 siswa (57%) yang telah tuntas dan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 26 siswa atau sebesar 86,6%.

Teks Lengkap:

74-83


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v7i2.2692

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogikpgsd@yahoo.co.id