Pemberdayaan Peternak Ayam Kampung Sebagai Sumber Pendapatan di Era New Normal Covid-19 di Kelurahan Lalodati Kecamatan Puuwatu Kota Kendari

Musram Abadi, La Ode Nafiu, Restu Libriani, Asma Bio Kimestri

Abstract


Pangan yang berupa produk peternakan terutama daging dan telur merupakan komoditas pangan hewani yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas konsumsi pangan di Kota Kendari. Komoditas unggas khususnya ayam kampung mempunyai prospek pasar yang sangat baik karena didukung oleh karakteristik produk unggas berupa daging dan telur yang disukai oleh masyarakat Kota Kendari. Komoditas ini merupakan pendorong utama penyediaan protein hewani nasional maupun Kota Kendari, sehingga prospek yang cukup baik ini harus dimanfaatkan peternak melalui pemanfaatan sumberdaya secara lebih optimal melalui model pemberdayaan.

Pengaruh Covid-19 menyebabkan hilangnya pendapatan secara luas, kemampuan dan daya beli masyarakat menurun dan lebih sedikit konsumen yang mampu membeli produk bernilai tinggi, termasuk produk ayam kampung. Menyikapi terjadinya wabah virus Corona, terjadi pembatasan interaksi dan pergerakan masyarakat khususnya peternak dan konsumen ayam kampung, memberikan peluang sekaligus tantangan pentingnya bertransformasi memperkuat modernisasi peternakan ayam kampung secara mandiri dan berkelanjutan.

Dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan pendapatan peternak ayam kampung di Kelurahan Lalodati Kecamatan Puuwatu Kota Kendari ditengah pandemi Covid-19, diperlukan langkah-langkah dan strategi baik jangka panjang maupun jangka pendek dengan memberdayakan kelompok peternak ayam kampung, maka target yang dicapai setelah pelaksanaan program PKMI adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan peternak tentang: (1) konsep seleksi ternak ayam kampung, (2)  pembuatan dan penggunaan mesin tetas, (3) metode Inseminasi Buatan (IB), (4) formulasi pakan ayam kampung. Pelaksanaan program PKM-I ini dibagi dalam 2 tahap, yaitu: (1) Kegiatan non fisik meliputi: penyuluhan, pelatihan dan bimbingan teknis (pendampingan) sebagai media transfer informasi pengetahuan dan teknologi; (2) Kegiatan fisik melalui: pengadaan alat/bahan, demontrasi pembuatan dan penggunaan mesin tetas, Inseminasi Buatan (IB), dan formulasi ransum.

Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat melalui Skim Program Kemitraan Masyarakat Internal (PKM-I) UHO dengan pendekatan penyuluhan dan bimbingan teknis pada kelompok peternak pembudidaya ayam kampung di Kelurahan Lalodati Kecamatan Puwaatu Kota Kendari dapat ditarik kesimpulan bahwa penyuluhan tentang manajemen pemeliharaan, manajemen sanitasi dan kesehatan ternak serta sistem pemuliaan ternak ayam kampung dapat meningkatkan pengetahuan dan motivasi peternak pembudidaya ayam kampung dan Bimbingan teknis penyusunan pakan fermentasi, manajemen penetasan, pembuatan mesin tetas dan inseminasi buatan dapat meningkatkan keterampilan peternak pembudidaya ayam kampung di Kelurahan Lalodati Kecamatan Puwaatu Kota Kendari

Kata kunci: Ayam Kampung, Covid-19, Pemberdayaan Peternak


References


Abadi M., Saidi, LO., Aka, R., Nafiu, LO., Badaruddin, R., Has, H., Hadini, H.A. Indi. A, dan Prasanjaya, P.N.K. 2019. Pemberdayaan kelompok tani-ternak dalam meningkatkan pendapatan peternak ayam Bangkok di Desa Sindang Kasih Kecamatan Ranomeeto Barat Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Pengamas, Vol. 2 (2) : 133 - 143.

Abadi,M., Nafiu, L.O., Saili, T., Abadi, M., Libriani, R., Sulfitrana, A., Salido,W.L., dan Isnaeni, P.D. 2020. Pendampingan Teknis Pembuatan Mesin Tetas Ekonomis melalui Pengabdian kepada Masyarakat Teritegrasi KKN-Tematik di Kecamatan Nambo Kota Kendari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan, Vol. 2, No. 2. hal. 43-48.

BPS. 2019. Kota Kendari dalam Angka. Badan Pusat Statistik. Kendari.

Nafiu, L.O., Saili, T., Abadi, M., Libriani, R., Sulfitrana, A., Salido,W.L., dan Isnaeni, P.D. 2020. Peningkatan Keterampilan Pembudidaya Ayam Kampung di Pekarangan Mendukung Protocol Pencegahan Covid 19 Kecamatan Abeli Kota Kendari. . Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan, Vol. 2, No. 2.

Saptati,R.A dan A. Priyanti. 2006. Pendekatan Ekonomi Usaha Ternak Ayam Lokal Pada Peternakan Ayam Rakyat. Lokakarya Nasional Inovasi Teknologi Pengembangan Ayam Lokal.Vol 9 (2)pp.81-86.

Sartika, T. 2005. “Peningkatan Mutu Bibit Ayam Kampung melalui Seleksi dan Pengkajian Penggunaan Penanda Genetik Promotor Pralaktin dalam Mas Market Assiated Selection untuk Mempercepat Proses Seleksiâ€. Disertasi. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Sulfitrana, A., Nafiu, L.O., Saili, T., Abadi, M., Libriani, R., Salido,W.L., dan Isnaeni, P.D. 2020. Bimbingan Teknis Pembuatan Pakan Ternak Ayam Kampung Berbasis Pakan Lokal di Kelurahan Nambo Kecamatan Nambo Kota Kendari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan, Vol. 2, No. 2. hal. 57-62.

Utami, T., Maxs U.E Sanam, Dewi F.L Djungu, Yeremia Sitompul, dan Considus T. Tophianong. 2020. Pelatihan dan pendampingan beternak ayam kampong super untuk peningkatan ekonomi dan perbaikan gizi masyarakat di Desa Camplong II. Jurnal Pengabdian Masyarakat Peternakan. Vol. 5 (1) : 37-45.

Zulhajji. 2019. Beternak ayam kampung dengan mesin penetas telur tenaga listrik. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar ISBN: 978-602-555-459-9.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v4i3.2393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License