IbM KELOMPOK TANI HUTAN DI KECAMATAN TOBELO KABUPATEN HALMAHERA UTARA

Jacob Kailola

Abstract


 

Kegiatan Ipteks bagi Masyarakat (IbM) Kelompok Tani Hutan di Kecamatan Tobelo Kabupaten Halamehara Utara  ini dilakukan berdasarkan permasalahan dari kelompok mitra yakni; pengetahuan dan ketrampilan yang masih rendah berdampak terhadap masalah social ekonomi, maupun ekologi. Pengelolaan lahan yang belum optimal dan kondisi ekonomi yang masih rendah serta tidak ada pendampingan bagi kelompok.Tujuan dari kegiatan ini adalah: untuk meningkatkan  pengetahuan  dan  ketrampilan  kelompok mitra, mengoptimalkan  penggunaan lahan serta meningkatkan ekonomi. Kelompok mitra yang terlibat dalam kegiatan ini adalah 2 kelompok tani hutan, yaitu kelompok Silva Lestari dan Tunas Baru.Metode yang digunakan adalah penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan maka metode yang dilakukan untuk memecahkan masalah adalah:1). Memberikan penyuluhan dan pelatihan tentang system agrforestri sehingga kelompok   dapat mengerti tentang menerapkan system agroforestry untuk memanfaat tiap jengkal lahan dalam upaya meningkatkan pendapatan petani,  bentuksistem agroforestry yang akan dikembangkan adalah agrosilvopastur yakni tanaman kehutanan dikombinasikan dengan tanaman pertanian dan peternakan. Tanaman kehutanan berupa:  binuang, sengon, pala dikombinasikan dengan tanaman pertanian berupa: jagung, sawi, cabekeriting dan umbi-umbian sedangkan peternakan;sapi dan ayam kampung.2).Memberikan penyuluhan tentang peran dan manfaat hutan agar lingkungan atau ekologi tetap terjaga, fungsi secara langsung dan tidak langsung. 3). Pembuatan pupuk organic untuk mengembalikan tingkat kesuburan tanah. 4).Pelatihan kewirausahaan tentang pembuatan embal anekarasa dengan bahan bakutanaman ubi kayudll.5). Pelatihan tentang manajemen usaha dan pengelolaan keuangan keluarga.Rencana kegiatan ini dilakukan selama delapan bulan.Evaluasi kegiatan dilakukan sepanjang pelaksanaan kegiatan,baiksebelum, selama kegiatan berlangsung dan sesudah.


References


Anonimous 2010.Panduan Pembuatan PupukOrganik Kompos.

Anonimous,2015a.ProfilDesa Wari Kecamatan

Badan Penyuluh2015.Pelatihan Budidya Kedelei Bagi Penyuluh Pertanian dan Pembuatan Pupuk Organik.Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM Pertanian.Pusat Pelatihan Pertanian.

Farida,F.2012.Studisystemsilvopastura berbasis lahan di RPH Punten Dusun Wonorejo Dusun Tulungrejo Kecamatan Bumiaji.

Hairiah.K. 2010.Panduan Praktek Agroforestry.Fakultas Pertanian Universitas BrawijayaMalang

Kasim,S.2012. Desain Agroforestrisebagai tindakan konservasi pengelolaan Das Bau-bau berkelanjutan.

Nanere, J.l. 2007.Pengembangan Halmahera Utaraâ€Suatu Tinjuan Komprehensif Materi Seminar Nasionaldi Tobelo. Jurnal Agroforestri, Volume II Nomor3 September2007. ISSN:1907-7556




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v1i2.901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License