Game Edukasi Mitigasi Bencana Kebakaran Berbasis Android

Siti Martatiani Muyasaroh, Endah Sudarmilah

Abstract


Kebakaran sering terjadi karena merupakan peristiwa yang terjadi akibat api yang membesar, penyebabnya bisa karna faktor manusia, teknis atau bencana alam sebagai warga Indonesia harus mampu mengurangi resiko terjadinya bencana. Salah satunya yaitu dari pendidikan dasar yang dimulai dari anak-anak bisa menjadi contoh yang baik untuk menanggulangi bencana. Tujuan dari penulis adalah membangun game edukasi mitigasi kebakaran berbasis android yang memenuhi syarat dalam edukasi pada anak usia dini untuk mengurangi resiko terjadinya kebakaran. Metode yang digunakan penulis yaitu menggunakan metode System Development life Cycle atau SDLC yang menggunakan model Waterfall. Edugame mitigasi bencana kebakaran yang berbasis android dengan nama Boim Sang Penakluk Api yang dibuat dengan Construct 2 dapat menambah pengetahuan tentang mitigasi bencana kebakaran. Serta berdasarkan dengan pengujian dengan menggunakan SUS (System Usability Scale) aplikasi berjalan tanpa ada kesalahan.

Keywords


Construct 2, Edugame, Mitigasi, Kebakaran

References


F. Rasyid, “Permasalahan dan Dampak Kebakaran Hutan,” J. Lingk. Widyaiswara, no. 4, pp. 47–59, 2014.

M. S. Khairy, D. Herumurti, and I. Kuswardayan, “Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab,” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. II, no. 2, pp. 42–48, 2016.

S. Warnars, “Game Information System,” Int. J. Comput. Sci. Inf. Technol., vol. 2, no. 3, pp. 135–148, 2010.

B. Darmanto and E. Sudarmilah, “Game Edukasi Dampak Pergaulan Bebas,” J. PROtek, vol. 3, no. 2, 2016.

E. Sudarmilah and D. I. Nurrahim, “EduGame Sejarah Islam Masuk Indonesia,” J. PROtek, vol. 3, no. 2, 2016.

C. B. S. Hansen and T. Bjoerner, “Designing an Educational Game: Design Principles from a Holistic Perspective,” Int. J. Learn., vol. 17, no. 10, 2010.

Y. Bassil, “A Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle,” Int. J. Eng. Technol., vol. 2, no. 5, 2012.

J. Brooke, SUS - A quick and dirty usability scale. 1996.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/protk.v6i1.1029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia | Email : protek@unkhair.ac.id, Kontak : 082292852552

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View Stat Protek