Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Penerimaan Bantuan Beras Sejahtera (Rastra) Dengan Menggunakan Metode Weighted Product

Sukril I Wahid, Moh. Jamil, Firman Tempola

Sari


Program Beras Sejahtera (RASTRA) merupakan kebijakan pemerintah dalam rangka pemberdayaan masyarakat agar masyarakat sejahtera yang telah berjalan lama, akan tetapi dalam pelaksanaannya program Rastra ini masih terjadi banyak penyimpangan-penyimpangan seperti tidak tepat sasaran, tidak tepat waktu, dan beras yang terkadang kurang layak konsumsi, hal ini yang sering terjadi pada kantor Kelurahan Tabam Kota Ternate Utara Provinsi Maluku Utara. Sesuai dengan ketentuan mana yang berhak atau tidak mendapatkan bantuan tersebut maka dibutuhkan sebuah Sistem Pendukung Kepeutusan (SPK). Sistem pendukung keputusan dapat membantu pengambilan keputusan dalam situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat. Pada penelitian ini menggunakan metode Weighted Product. Dari hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan Weighted Product sebagai model Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Penerimaan Rastra dengan metode Weighted Product di Kelurahan Tabam Kota Ternate Utara dapat membantu pihak Kelurahan dalam menghitung kelayakan calon penerima bantuan Beras Sejahtera dan untuk menentukan kelayakan penerima beras miskin menjadi lebih tepat sasaran dan penyimpanan data seleksi tersebut dapat terupdate setiap saat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Laisouw, A, R., Lutfi S., dan Tempola F, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bantuan Program Keluarga Harapan ( PKH ),” vol. 3, no. 1, pp. 17–29, 2019.

LA Latif, SH Abbas; M Jamil, “Pengembangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Dalam Penentuan Pemenang Tender Menggunakan Metode Bayes dan Group Technology,” J. Penelit. pos dan Inform., vol. 7, no. 1, pp. 73–82, 2017.

Anas A, Tempola, F., dan Khairan A, “Hybrid fuzzy dan Naive Bayes Dalam Penentuan Status UKT,” Protek, vol. 06, no. 1, pp. 6–11, 2019.

Turban; Aronson; and Liang, Decision Support System and Intelligent System, Seventh. USA: Prentice Hall, 2005.

Sri Kusumadewi. dkk, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 dam Nomor 11 tahun 2009




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/protk.v6i2.1216

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Raya Pertamina - Gambesi Kec. Ternate Selatan Kota Ternate, Indonesia. 
Email : protek@unkhair.ac.id

Copyright @2016 PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro p-ISSN 2354-8924 | e-ISSN 2527-9572

Creative Commons License

 View PROtek Stats