Implementasi Algoritma Topsis Untuk Sistem Pendukung Keputusan Distribusi Bantuan Kelompok Tani

Abdul Muis

Sari


Peningkatan kualitas dan kuantitas mutu pertanian menjadi perhatian dan soritan dari berbagai pihak Dinas Pertanian. Penggunaan bantuan merupakan program Pemerintah  sehingga membantu kelompok tani meningkatkan produktivitas usaha tani. Permasalahan yang dihadapi adalah penilaian masih bersifat subjektif. Hal ini dihawatirkan menimbulkan ketidaktepatan dalam memilih warga. Dari permasalah tersebut dapat diperbaiki dengan membangun suatu Sistem Pendukung Keputusan dengan menerapkan Metode perangkingan Topsis. Metode yang digunakan mempertimbangkan nilai alternatif dengan cara membagi alternatif menjadi beberapa kelompok kemudian merangkingnya untuk memperoleh alternatif terbaik. Pengelompokan alternatif dilakukan dengan menggunakan perangkingan dilakukan dengan menggunakan metode TOPSIS. Kriteria-kriteria yang digunakan untuk proses penilaian yaitu Luas lahan, kelengkapan berkas, jumlah anggota, produktivitas, pernah memmperoleh bantuan. Dari hasil pengujian, metode Topsis memiliki pertimbangan yang baik dimana data dapat dibagi meski hanya memiliki sedikit perbedaan nilai variabel. Selain itu, metode ini memiliki hasil perhitungan yang akurat dan konsisten sehingga data tetap berada pada klaster yang sesuai. Sistem ini dapat menyelesaikan masalah dalam penentuan calon penerima Bantuan kelompok tani di Kabupaten Jeneponto

Kata Kunci


Sistem Pendukung Keputusan; TOPSIS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. A. Krohling and A. G. C. Pacheco, “A-TOPSIS - An approach based on TOPSIS for ranking evolutionary algorithms,” in Procedia Computer Science, 2015.

I. Herman Firdaus, G. Abdillah, F. Renaldi, and U. Jenderal Achmad Yani Jl, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Ahp Dan Topsis,” 2016.

A. Mubarok, H. D. Suherman, Y. Ramdhani, and S. Topiq, “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pemberian Kredit Dengan Metode TOPSIS,” J. Inform., 2019.

R. A. Krohling and V. C. Campanharo, “Fuzzy TOPSIS for group decision making: A case study for accidents with oil spill in the sea,” Expert Syst. Appl., 2011.

S. H. Zyoud and D. Fuchs-Hanusch, “A bibliometric-based survey on AHP and TOPSIS techniques,” Expert Systems with Applications. 2017.

A. A. Chamid, “Penerapan Metode Topsis Untuk Menentukan Prioritas Kondisi Rumah,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., 2016.

Abubakar, Fachri, 2013, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Le Borge Catering, Sistem Informasi, Stimik Amkom, Yogyakarta.

Adeilheid, Andrea, dkk, 2012, PHP MySql, Jakarta, Media Kita

Andi, 2014, Tuntunan Praktis belajar DATABASE menggunakan MySQL, Andi Publiser, Jakarta.

Joperson,Hutahaean.2014. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta ,CV Budi Utama

Siddiq,Asep Jafar, dkk. 2012, Pengujian Perangkat Lunak Dengan Metode Black Box Testing Pada Proses Pra Registrasi User Via Websit, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Bandung, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/protk.v6i2.1231

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Raya Pertamina - Gambesi Kec. Ternate Selatan Kota Ternate, Indonesia. 
Email : protek@unkhair.ac.id

Copyright @2016 PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro p-ISSN 2354-8924 | e-ISSN 2527-9572

Creative Commons License

 View PROtek Stats