Rancang Bangun Monitoring Kinerja Solar Cell Menggunakan Labview

Muhammad Ruswandi Djalal, Nasrun Kadir

Abstract


-Pemantauan terhadap parameter keluaran solar panel sangat diperlukan untuk menilai kinerja sebuah solar panel pada perubahan intensitas cahaya matahari. Pemantauan menggunakan software bertujuan agar pemantauan bersifat realtime sehingga dalam pemantauan tidak memerlukan cara manual dengan menggunakan alat ukur yang tidak bersifat realtime. Selain itu dapat juga difungsikan sebagai data logger, yang sewaktu-waktu dapat digunakan untuk keperluan analisis sistem. Maka, diperlukan sistem monitoring yang dapat mengukur, mengakuisisi, menampilkan dan menyimpan data pengukuran atau pemantauan kinerja solar panel. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, perangkat dan sistem monitoring dirancang agar memudahkan dalam kegiatan pemantauan unit pada lokasi yang terpasang. Data pemantauan juga diharapkan dapat diakses oleh pihak terkait dengan lebih mudah dan cepat. Pada penelitian ini, monitoring berguna untuk memberikan hasil pengukuran yang memiliki tingkat ralat atau error sekecil mungkin, mudah diakses secara realtime dan mampu menampilkan grafik hasil pengukuran. Perangkat lunak yang digunakan untuk sistem monitoring pada penelitian ini adalah software Labview yang mampu menujukkan kinerja tinggi dalam berkomunikasi dengan beberapa perangkat secara bersamaan dan kemampuan yang tinggi dalam menampilkan beberapa perilaku variabel dalam satu waktu. Pada penelitian ini, monitoring kinerja solar cell yang akan ditampilkan pada Labview adalah arus, tegangan, daya, debu, suhu dan kelembapan.


Keywords


Solar Cell, Monitoring, Parameter, Error, Labview

References


Syahid, Sugijono, A. Santoso, A.H. Riyadi. "Rancang Bangun Monitoring Pengisian Baterai pada Solar Cell di Laboratorium Timur Teknik Listrik Politeknik Negeri Semarang," Seminar Nasional Vokasi Indonesia, Volume 1, pp.156-161, 2018.

M. Vyas, K. Chudasama, M. Bhatt, and B. Gohil, "Real time data monitoring of PV solar cell using LabVIEW," International Journal of Current Engineering and Technology, Vol.6, No.6, 2016.

Syarif, Irwan. "Pemanfaatan Hibrid Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Angin Di Pulau Bunaken." Patria Artha Technological Journal 1.1 (2017): 21-36.

Usman, U., & Sirad, M. A. H. (2021, May). Characteristic Testing Of Simulation-Based Photovoltaic Models. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 1125, No. 1, p. 012064). IOP Publishing.

R. P. J. J. E. Pratama, "Perancangan sistem monitoring battery solar cell pada lampu PJU berbasis web,"Jurnal ELTEK, vol. 12, no. 1, pp. 50-63, 2017.

H. Suryawinata, D. Purwanti, and S. J. J. T. E. Sunardiyo, "Sistem monitoring pada panel surya menggunakan data logger berbasis ATMega 328 dan Real Time Clock DS1307," Jurnal Teknik Elektro, vol. 9, no. 1, pp. 30-36, 2017.

R. R. A. Siregar, N. Wardana, and L. J. J. J. I. T. E. Luqman, "Sistem Monitoring Kinerja Panel Listrik Tenaga Surya Menggunakan Arduino Uno," JETRI: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, vol. 14, no. 2, pp. 81-100, 2017.

T. A. PRIATAMA, "Rancang Bangun Sistem Monitoring Solar Cell Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno R3 dan Data Logger Secara Real Time," Universitas Muhammadiyah Palembang, 2020.

R. D. Muhammad and T. Tasrif, "Rancang Bangun Monitoring Kinerja Solar Cell Menggunakan Simulink," in Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), 2019, pp. 115-120. 2019.

M. R. Djalal and T. Tasrif, "Pemodelan Identifikasi Pemakaian Beban Solar Panel Berbasis Artificial Neural Network," in Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), pp. 147-152, 2020




DOI: https://doi.org/10.33387/protk.v8i2.2760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Ruswandi Djalal, Nasrun Kadir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Editorial Office :
PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
Department of Electrical Engineering. Faculty of Engineering. Universitas Khairun.
Address: Jusuf Abdulrahman 53 Gambesi, Ternate City, Indonesia.
Email: protek@unkhair.ac.id, WhatsApp: +6282292852552
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View Stat Protek