SISTEM AKUISISI DATA SALINITAS PADA PERAIRAN LAUT

Alfian N Garai, Iis Hamsir Ayub Wahab, Achmad Prajudin sardju

Abstract


Perancangan dan pembuatan alat untuk pengukuran salinitas air pada skripsi inimenggunakan prinsip konduktivitas. Sistem pengukuran secara otomatis menggunakan mikrokontroler Atmega8535 dan sensor konduktivitas/TDS. Sensor ini menggunakan plat tembaga dan almunium yang digunakan sebagai pendeteksi kadar zat garam terlarut dimana tegangan yang keluar dari dua keping sejajar ini kemudian menjadi masukan ADC (analog to digital converter) pada mikrokontroler. Alat ini menggunakan prinsip bahwa air murni memiliki resistansi yang tinggi dan akan menurun sesuai dengan bertambahnya kadar garam, berdasarkan hasil penelitian sistem ini dapat bekerja dengan baik ketika melakukan monitoring TDS kontrol pada kadar 0 – 500 ppm.

Perancangan ini didapat sebuah hasil pengukuran konduktivitas/TDS air secara otomatis dan perhitungan manual menggunakan regresi sehingga didapat sebuah selisih 0,3845 mg/L, maka pada pengukuran ini juga dilakukan pegukuran data salinitas air dengan menggunakan alat hidrometer sebagai pembanding alat yang dibuat sehingga didapat hasil nilai pengkoreksi ± 0,039 ms/cm.


Keywords


Atmega8535, sensor konduktivitas/TDS, codevision AVR



DOI: https://doi.org/10.33387/protk.v5i1.610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Alfian N. Garai





Editorial Office :
PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
Department of Electrical Engineering. Faculty of Engineering. Universitas Khairun.
Address: Jusuf Abdulrahman 53 Gambesi, Ternate City, Indonesia.
Email: protek@unkhair.ac.id, WhatsApp: +6282292852552
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View Stat Protek