DESAIN SISTEM PEMBUMIAN GARDU INDUK DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM GRID

Amril As Idris

Abstract


Pada Gardu Induk terdapat peralatan – peralatan seperti transformator tenaga peralatan hubung, alat pengubah fasa dan alat pelindung, yang secara teknik berhubungan dengan tegangan tinggi. Tentunya ini sangat berbahaya bagi manusia lebih khusus pada personil apabila gardu induk tersebut tidak lengkap dengan peralatan pengaman yang memadai, seperti sistem pembumian dan sistem proteksi.Salah satu indikator yang menentukan faktor keamanan suatu sistem pembumian gardu induk ini adalah tegangan langka dan tegangan sentuh. Pada dasarnya penentuan besar arus vibrasi digunakan sebagai dasar dari perhitungan tegangan langkah dan tegangan sentuh. Besar arus vibrasi ini sangat menentukan efek kecelakaan akibat shock listrik pada manusia.maka sistem pembumian perlu dirancang sehingga memenuhi standar keselamatan yang ada, dalam hal ini menggunakan standar IEEE, std, 80.Dari hasil perencanaan analisa sistem pembumian dengan menggunakan sistem grid diperoleh tegangan langkah maksimum adalah 485,201 Volt. Tegangan ini lebih rendah dari tegangan langkah yang diijinkan yaitu 2267,104 Volt. Dan tegangan sentuh adalah 760,776 Volt


Keywords


Pembumian, Gardu Induk, Sistem Grid

References


AS. Pabla, Sistem Distribusi Tenaga Listrik 1999

British Standar Code for Earthing 1988

IEEE, (1986), Guide For Safety in AC Substation Grounding, 1986

TS. Hutauruk, Pengetanahan Netral,Sistem Tenaga Dan Pengetanahan Peralatan Erlangga 1990

Umar, Ramly Rayid, Aplikasi Program Matlab Pada Perancangan Sistem Pembumian Gardu Induk Dengan Sistem Grid, Jurnal Ilmiah Rekanologi, Unkhair Volume 4 Nomor 7, Februari 2009.




DOI: https://doi.org/10.33387/protk.v5i2.745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Amril As Idris





Editorial Office :
PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
Department of Electrical Engineering. Faculty of Engineering. Universitas Khairun.
Address: Jusuf Abdulrahman 53 Gambesi, Ternate City, Indonesia.
Email: protek@unkhair.ac.id, WhatsApp: +6282292852552
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View Stat Protek