PKM RASBIUNGUSMART PADA POKTAN TAHAN DERITA FITU ANTISIPASI KERAWANAN PANGAN DIMASA PADEMI COVID-19

Hamidin Rasulu, Abdul Kadir Kamaluddin, Nurjana Albaar

Sari


Ancaman besar yang ditimbulkan dari wabah COVID-19 adalah berkurangnya pasokan bahan makanan pokok khususnya beras, sehingga mengancam kerawanan pangan di masyarakat. Ketergantungan akan satu komoditas (beras) perlu di tinjau kembali, hal ini perlu digalakkan kembali konsumsi pangan non beras yang pernah menjadi kebiasaan masyarakat dalam membudidayakan tanaman umbi-umbian, sagu dan lain-lain, serta menjadi kebutuhan konsumsi utama masyarakat. Namun seiring dengan perkembangan  zaman, maka konsumsi produk olahan umbi-umbian, sagu dan sejenisnya makin ditinggalkan dan faktor budidayapun makin berkurang. Tujuan kegiatan PKM ini yaitu adanya pemberdayaan masyarakat pada kelompok tani yang dilakukan secara baik dengan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi (ipteks) serta pemberian keterampilan/skill dalam mengolah produk RasbiUnguSmart (beras ubi ungu smart). Pelaksanaan kegiatan PKM ini dimulai dari proses penyiapan bahan sampai teknik pengolahan menjadi produk RasbiUnguSmart yang siap untuk dikonsumsi. Sasaran utama mitra program pengabdian masyarakat ini adalah Kelompok Tani Tahan Derita yang berada di Kelurahan Fitu Kota Ternate, Maluku Utara. Partisipasi kelompok tani dalam program ini mendapat sambuatan baik dengan keterlibatan dalam memahami transfer ilmu pengetahuan dan teknologi, menyediakan bahan baku, melakukan proses produksi, serta membangun komitmen dalam mengembangkan usaha tersebut menjadi produk andalan bagi kelompok tani dalam mengantisipasi kerawanan pangan dimasa pandemi Covid-19 atau saat bencana alam lainnya.

 

Kata Kunci : RasbiUnguSmart, Kelompok Tani, Ternate, Covid-19


Teks Lengkap:

27-31

Referensi


Hendra A.P. 2009. Perbaikan Mutu Beras Ubi Dengan Penggunaan Pati Ubi Jalar (Ipomoea Batatas L.) Termodifikasi dengan Heat Moisture Treatment (HMT). Tesis. IPB. Bogor.

Herawati H. dan Widowati S. 2008. Pengembangan Beras Artifisial Dari Ubi Jalar (Ipomoea Batatas L.) Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan. Seminar Hasil Penelitian April 2008. Balai Besar Penelitian Dan Pengembangan Pascapanen Pertanian.

Rasulu, H dan Hasbullah, 2013. Pangan Altrnatif yang Potensial untuk dikembangkan menjadi Pangan Lokal Unggulan (Studi Kasus Pengolahan RASBI sebagai Sumber Karbohidrat Alternatif di Desa Jaya-Tidore). Laporan Penelitian Hibah Bersaing DIKTI 2013. Fakultas Pertanian. Universitas Khairun. Ternate.

Samad, M.Y. 2003. Pembuatan Beras Tiruan dengan Bahan Baku Ubi Kayu dan Sagu. Prosiding Seminar Teknologi untuk Negeri 2003. Vol II, hal 36-40.

Vera Lisnan. 2008. Pengembangan Beras Artificial Dari Ubi Kayu (Manihot Esculenta Crant.) dan Ubi Jalar (Ipomoea Batatas) Sebagai Upaya Diversifikasi Pangan. Skripsi. IPB. Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.