EVALUASI TINGKAT KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN SAPI POTONG DI DESA BUMIRESTU, DAKAINO DAN AKEDAGA KABUPATEN HALMAHERA TIMUR

Nining Suaib, Oktora Dwi Putranti, Yunus Syafie

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan inseminasi buatan di Desa Bumirestu, Dakaino dan Akedaga kabupaten Halmahera timur, penelitian ini dimulai pada bulan Ferbuari sampai bulan April 2018. Metode yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode survey menggunakan kuesioner dan wawancara pada peternak. Analisis data dalam penelitian ini yaitu 1). Profil peternak menghitung persentase umur peternak, pendidikan peternak, pekerjaan peternak, pengetahuan beternak, pengalaman beternak, umur ternak pertama kali kawin, peternak mengenal estrus, dan menghitung rata-rata bobt badan sapi. 2). Tingkat keberhasilan inseminasi buatan menghitung nilai Service Per Conception(S/C), Conception Rate(CR), Calving Rate(CvR). Hasil penelitian menunjukan tingkat keberhasilan inseminasi buatan di Desa Bumirestu dengan nilai S/C (1,08), CR (92,5%), CvR (87%) di Desa Dakaino dengan nilai S/C (3,33), CR (71%), CvR (25%)  dan Desa Akedaga S/C (5,71), CR (70%), CvR (10%). Kesimpulan dari penelitian keberhasilan inseminasi buatan ditiga Desa Bumirestu, Dakaino dan Akedaga yaitu Bumirestu memiliki tingkat Inseminasi Buatan yang baik karena memiliki tingkat S/C (1.08), CR (92.5%), CvR (87%).

Kata kunci : Service Per Conception, Conception Rate, Calving Rate, Inseminasi Buata


Teks Lengkap:

103-106

Referensi


Badan Pusat Stastistik, 2018. Buku Saku Provinsi Maluku Utara 2018. Provinsi Maluku Utara.

Badan Pusat Statistik, 2015. Halmahera Timur Dalam Angka 2015. BPS Kabupaten Hammahera Timur.

Badan Pusat Statistik, 2016. Halmahera Timur Dalam Angka 2016. BPS Kabupaten Hammahera Timur.

Badan Pusat Statistik, 2017. Halmahera Timur Dalam Angka 2017. BPS Kabupaten Hammahera Timur.

Dewi, H. 2018. Tingkat Keberhasilan Inseminasi Buatan Sapi Potong Ditinjau Dari Angka Konsepsi Dan Service Per Conception. Dosen Fakultas Pertanian Universitas Wahit Hasyin.

Feradis, 2010. Bioteknologi Reproduksi Pada Ternak. Alfabeta. Bandung

Toelihere, 1981. Inseminasi Buatan Pada Ternak. Penerbitan Angkasa. Bandung.

Tolihere, 1993. Inseminasi Buatan Pada Ternak. Angkasa Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.