PENGEMBANGAN AGRIBISNIS BERKELANJUTAN BERORIENTASI POTENSI DAN KAREKTERISTIK WILAYAH MALUKU UTARA

Muhammad Assagaf, Yayat Hidayat, Abdul Wahab

Sari


Tujuan dari penulisan makalah ini untuk memberikan gambaran agribisnis berkelanjutan komoditas unggulan yang sesuai dengan potensi dan karakterisasi wilayah Maluku Utara. Strategi yang dapat dikemukan dalam pengembangan agribisnis di Maluku Utara kedepannya adalah 1) Pendekatan sistem dalam pengembangan agribisnis  berkelanjutan, 2) Berdayakan Potensi dan karakteristik wilayah kepulauan, 3) Dukungan dari pemerintah daerah berupa regulasi dan infrastruktur, 4) Komoditas pertanian tertentu harus diolah di Maluku Utara (industrialisasi pertanian), 5) Agribisnis berbasis komoditas unggulan dan daya saing, 6) Peningkatan kapasitas SDM Petani dan UMKM, 7) Pola kemitraan dalam pengembangan agribisnis, dan 8) Memacu pertumbuhan sektor terkait di luar pertanian. Disamping itu Pengembangan agribisnis komoditas unggulan ke depan harus memperhatikan factor biofisik lingkungan  yang membatasi agar dapat tempuh langkah-langkah untuk peningkatan produksi dan produktivitas komoditas tersebut. Penetapan zonasi agroekologi suatu komoditas dan kemudahan petani dalam membangun agribisnis melalui pendekatan subsistem mulai dari subsitem agribisnis input sampai dengan subsistem agribisnis kelembagaan penunjang dilengkapi dengan penerapan teknologi dan bimbingan teknis yang sesuai kebutuhan. Peningkatan daya saing produk unggulan pertanian yang dilakukan melalui pengembangan agribisnis dalam perspektif industrialisasi pertanian dengan pendekatan pengembangan agribisnis sebagai suatu system  agribisnis berkelanjutan akan menghasilkan produk pertanian yang sesuai dengan permintaan pasar dan preferensi konsumen sebagai pengguna akhir. 

Kata Kunci: Agribisnis, berkelanjutan, potensi, karakteristik wilayah, daya saing


Teks Lengkap:

PDF 153-166

Referensi


Antara, M. 2000. Sistem Pengembangan Agribisnis Hortikultura Berkelanjutan Dan Berdaya Saing Tinggi di Kawasan Timur Indonesia. Makalah Seminar Pada “Pertemuan Sosialisasi Program dan Organisasi Hortikultura dan Aneka Tanaman Wilayah Timur Indonesia, 12 Desember 2000”. Direktorat Jenderal Produksi Hortikultura dan Aneka Tanaman. Departemen Pertanian RI. Denpasar. Bali.

Badan Pusat Statistik. 2020. Maluku Utara Dalam Angka. BPS Provinsi Maluku Utara. Ternate.

Barus, J. 2013. Pemanfaatan Lahan di bawah Tegakan Kelapa di Lampung. Jurnal Lahan Suboptimal. 2(1): 68-74 .

Damanik, S. 2007. Strategi Pengembangan Agribisnis Kelapa (Cocos nucifera) untuk

Meningkatkan Pendapatan Petani di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. PERSPEKTIF Volume 6 Nomor 2, Desember 2007 : 94 – 104.

Davis, H. J. and R.A. Golberg. 1957. A Concept of Agribusiness. Harvard Graduate School of Business Administration. Boston, Massachusets.

Dinas Pertanian Prov.Maluku Utara, 2019.Laporan Penyusunan Master Plan Pembangunan kawasan perkebunan Kelapa berbasis korporasi di Kabupaten Morotai Kepulauan dan Kabupaten Halmahera Utara. Sofifi.Maluku Utara.

Downey, W. David and Steven, P. Erickson. 1987. Agribusiness Management. Mc Graw-Hill Book Company, New York, Second Edition.

Hidayat, Y., Fredy Lala, Suwitono, B., Bayu Aji, H., dan Brahmantiyo, B. 2020. Implementasi Teknologi Peningkatan Produktivitas Lahan Kering di Bawah Tegakan Kelapa di Maluku Utara. Buletin Palma Volume 21 No. 1, Juni 2020: 11 – 21.

Muta'ali. L., 2003. Teknik Penyusunan Rencana Strategis Dalam Pembangunan Wilayah Fakultas Geografi UGM, Yogyakarta

Saragih, B. 1998. Kumpulan Pemikiran Agribisnis: Paradigma Baru Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian. Yayasan Persada Mulia Indonesia.

Saragih, B.2001. Membangun Sistem Agribisnis. Suara dari Bogor. Yayasan USESE, Pustaka Wirausaha Muda. Edisi kedua. Bogor. 206 hlm.

Saragih, B. 2002. Penerapan teknologi tepat guna dalam pengembangan system agribisnis kerakyatan dan berkelanjutan. Analisis kebijaksanaan pendekatan pembangunan dan kebijaksanaan Pengembangan Agribisnis. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian. Monograf 22 : 8 hlm.

Slamet, H.,Jasil. S.,dan Hidayat,Y., 2019.Laporan Akhir Pendampingan kawasan Perkebunan Berbasis Korporasi.BPTP Maluku Utara.

Tarigans, D.D. 2005. Diversifikasi usahatani kelapa sebagai upaya untuk peningkatan pendapatan petani. Perspektif Review Penelitian Tanaman Industri 4(2) : 71-78.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.