ANALISIS ANGKET TANGGAPAN SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA KABUPATEN MINAHASA UTARA

Femmy Roosje Kawuwung, Meike Paat

Sari


Tujuan penelitian untuk mendapatkan tanggapan siswa pada implementasi penggunaan perangkat pembelajaran meliputi strategi pembelajaran inkuiri terbuka, Numbered Heads Together (NHT), dan inkuiri terbuka dipadu NHT. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Peneliti membuat perangkat pembelajaran dan mengimplementasikan perangkat pembelajaran. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2012. Populasi penelitian adalah siswa kelas X/1 SMA di Kabupaten Minahasa Utara dengan jumlah sampel penelitian 241 siswa dari 8 sekolah. Penentuan sampel diawali dengan penentuan sekolah tempat penelitian berdasarkan UN, yaitu; SMA N 1 Airmadidi, SMA N 1 Dimembe, SMA Advent Tanah Putih, SMA St. Xaverius Kema, SMA N 1 Kauditan, SMA N 1 Wori, SMA Katolik Don Bosco Lembean, dan SMA N 1 Likupang. Angket tanggapan siswa pada penggunaan strategi pembelajaran diberikan pada siswa yang disampel. Data penelitian dikumpulkan, dianalisis, menampilkan data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tanggapan-tanggapan positif implementasi perangkat pembelajaran. Tanggapan meliputi; 1) Belajar menjadi sangat menarik dan tidak membosankan, 2) Termotivasi untuk datang di sekolah dan belajar tepat waktu, 3)Hal yang menyangkut fakta, konsep, dan proses biologi lebih mudah pahami, 4)Termotivasi untuk membantu teman bila kesulitan dalam mempelajari materi pelajaran, 5) Lebih lama mengingat konsep-konsep materi pelajaran biologi, 6)Lebih mudah menyelesaikan tugas yang diberikan guru, 7)Belajar bersama teman dapat mengenal lebih dekat satu sama lain, 8) Membantu untuk memiliki rasa tanggung jawab dan sifat mandiri, 9)Termotivasi untuk lebih banyak membaca buku yang relevan, 10) termotivasi dengan memiliki semangat yang tinggi dalam mengikuti pelajaran, dan 11) Belajar menjadi bermakna membuat lebih percaya diri dalam menghadapi ujian.

Kata kunci: analisis, pembelajaran, kemampuan akademik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arends, R.I. 2007. Learning To Teach. Edisi Ketujuh. Buku Dua. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar.

Kawuwung, F. 2012. Pengaruh Implementasi Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbuka dipadu NHT dan Kemampuan Akademik terhadap Pemahaman Konsep, Berpikir Tingkat Tinggi, dan Keterampilan Proses Biologi Siswa SMA di Kabupaten Minahasa Utara. Disertasi tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Malang.

Kawuwung, F. 2010b. Profil Guru, Pemahaman Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Hasil Belajar Biologi di SMA Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Formas ISSN: 1978-8452. Volume 4 Nomor 1 Desember 2010.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oemar, Hamalik. 2012. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.