PENGGUNAAN WEB OFFLINE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GENETIKA DI PERGURUAN TINGGI (PT)

H. M. Sumampouw, Mariana Rengkuan

Sari


Media pembelajaran memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, salah satunya untuk memotivasi dan menarik minat siswa dalam mempelajari materi pembelajaran yang memiliki tingkat abstraksi dan kesulitan yang tinggi seperti konsep Kromosom, DNA dan Gen. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji efektivitas kelayakan menggunakan media pembelajaran web offline pada substansi materi genetik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D) yang menggunakan model Kemp dan Dayton (1985). Pengembangan media pembelajaran yang terdiri dari (1) gagasan atau pembelajaran tujuan umum, (2) tujuan pembelajaran spesifik, (3) karakteristik audiens, (4) garis besar konten, (5)perlakuan , (6) storyboard, (7) naskah, (8) pengembangan, pengeditan, pencampuran, (9) pengujian dan revisi. Tahap kedelapan pengembang menggunakan perangkat lunak Photoshop, Ispring dan Dreamweaver sebagai perangkat lunak utama dalam menggabungkan berbagai komponen yang dikembangkan. Tahap kesembilan terbatas pada percobaan dengan konten ahli/bahan pembelajaran dan media pembelajaran menggunakan kuesioner. Hasil penilaian prototipe media pembelajaran berbasis web offline dengan konten ahli materi pembelajaran diperoleh persentase kelayakan 93% untuk kategori sangat tinggi dan sangat layak, tidak perlu direvisi. Sedangkan hasil penilaian oleh ahli media pembelajaran diperoleh persentase kelayakan 88% dengan kategori tinggi dan layak, tidak perlu direvisi. Berdasarkan hasil pengujian oleh ahli penilaian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang digunakan oleh guru dan siswa dalam mempelajari materi materi Genetika di SMA.

Kata kunci: media pembelajaran, jaringan offline, materi genetik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


APJJI. (2012). Profil Pengguna Internet Indonesia 2012 pdf. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesis (APJJI).

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembe-lajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Rajawali Pers: Jakarta.

Dharmawijaya, A. (2018) Pengembangan Media Pembelajaran WEB Offline berbasis Macromedia Dreamweaver Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD. 8(8): 800-810.

Hasany Ikke, Imam Asrori, Mohammad Ahsanuddin. (2012). Pengembangan Media Offline Blog untuk Pembelajaran Empat Keterampilan Berbahasa Arab bagi Siswa Kelas XI SMA. Artikel Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang: Malang http://jurnal online.um.ac.id (diakses 23/04/2015).

Heinich, R., Molenda, M., Russel, J. D., Smaldino, S. E. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning 7th ED. Merril Prentice Hall: New Jersey.

Kemp, Jerrold E., dan Dayton, Deane K. (1985). Planning And Producing Instructional Media. New York: Harper & Row Publisher Inc.

Khikmah, Tri. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Materi Struktur dan Fungsi Sel Dilengkapi dengan Teka-Teki Silang Berbasis Flash. Skripsi. UNS : Semarang.

Kistinnah, Idun & Endang Sri Lestari. (2009). Biologi 3 Makhluk Hidup dan Lingkungannya untuk SMA /MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Lukmanual, H. (2011). Membangun Web berbasis PHP dengan Framework Codeigniter.Yogyakarta: Lokomedia.

Mustiawati. (2010). Manfaat Facebook untuk Kegiatan Mengajar. CV Sahala Adidayatama: Jakarta.

Nuryani, R. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nusantari, Elya. (2011). Genetika Mengatasi Miskonsepsi Genetika dengan Genetika Berpendekatan Konsep. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang: Malang.

Nusantari, Elya. (2012). Kajian Miskonsepsi Genetika dan Perbaikannya melalui Perubahan Struktur Didaktik Bahan Ajar Genetika Berpendekatan Ko-sep di Perguruan Tinggi. Disertasi Program Pascasarjana UM: Malang.

Rengkuan, M. (2012). Identifikasi Variasi Gen Hormon Pertumbuhan Sapi Peranakan Ongole di Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari dan Perusahan Daerah Pasuruan sebagai Media Pembelajaran Materi Pengenala Teknik Analisis Biologi Molekuler. Disertasi. Universitas Negeri Malang: Malang.

Rusman., Kurniawan, D., Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (pp 276-277). Jakarta: Rajawali Press.

Sadiman, Arief, dkk. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengem-bangan, dan Pemanfaatannya. Rajawali Pers: Jakarta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. 29 Juli 2002. Jakarta. Sektretaris Negara Republik Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.