MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI METABOLISME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII-IPA I DI SMA NEGERI 4 KOTA TERNATE

Nurida Wahab, Sundari Sundari

Sari


Penelitian Tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk untuk memberdayakan kemampuan peserta didik dalam memahami dan menemukan konsep, dan hubungan, melalui proses stimulasi dan data koleksi melalui penerapan Model pembelajaran Discovery Learning. Selain itu implemetasi model Discovery Learning, bertujuan mengubah kondisi belajar yang pasif menjadi aktif dan kreatif, pembelajaran yang teacher oriented ke student oriented, dan mengubah modus ekspository siswa hanya menerima informasi dari guru ke modus Discovery siswa menemukan informasi sendiri. Hasil belajar berupa aktivitas sains adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas XII IPA 1 dari rerata nilai 83,30 menjadi 89,61, dan dari aktivitas sains siswa dalam belajar juga meningkat dari 80,58% menjadi 91,25%, sedangkan aktivitas dalam belajar dalam kegiatan kelompok keterlibatan siswa mengalami peningkatan dari 85,71% menjadi 95,20%. Pembelajaran dengan model Discovery Learning dalam pembelajaran Biologi Metabolisme dapat meningkatkan aktifitas sains siswa dalam belajar baik secara individu maupun secara kelompok. Secara umum meningkatnya aktifitas sains siswa dalam pembelajaran dapat memotivasi siswa dalam belajar sehingga akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: discovery learning, aktivitas sains, hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depdiknas. 2006. Model Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Dan Rencana Pelaksanan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Tidak diterbitkan. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. 2014. Model Discovery Learning: Lampiran III:Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014. Jakarta: Tidak diterbitkan.

Pongtuluran, Aris. 2000. Student-Centered Learning:The Urgency and Possibilities. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Sudjana,N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar-Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahidmurni, dkk. 2010. Evaluasi Pembelajaran Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Litera.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.