Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk SIPIL SAINS?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Format Penulisan
1. Naskah harus diserahkan dalam bentuk print out (hasil cetakan) asli pada kertas ukuran A4, diketik dengan jarak 1,2 spasi. Ukuran huruf 11 point (kecuali judul 14 point dan abstrak 10 point) ditulis dalam huruf Times New Roman Margin atas 3 cm, bawah 2,5 cm, kiri 4 cm dan kanan 2,5 cm. Jumlah halaman, maksimum 12 halaman format satu kolom. Naskah diserahkan pula bersama file program Microsoft Word dalam disket (CD) untuk diedit menjadi format jurnal.
2. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan atau bahasa Inggris dan rata tepi kiri.
3. Penulisan paragraf harus dimulai dari tepi kiri baris dengan satu kali tabulasi (1,27 cm)
4. Judul tabel ditulis di atas tabel dan judul gambar ditulis di bawah gambar. Setiap gambar dan tabel mempunyai urut mulai satu.
5. Rujukan / kutipan suatu referensi di dalam naskah dilakukan dengan menyebutkan nama penulis dan tahun yang diapit tanda kurang. Contoh: (Sujono, 2001).
6. Daftar Pustaka (hanya yang rujukan dalam naskah) ditulis menurut abjad dengan format sebagai berikut:
Penulis.. Judul. Tempat: Nama Penerbit. Tahun penerbit
Contoh:
Sunggono. Mekanika Tanah. Bandung. Nova. 1984
Triatmodjo, B. Hidraulika II. Yogyakarta. Beta Offset. 2003.
7. Naskah berbahasa Indonesia mengikuti Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan (depdikbud, 1987). Naskah berbahasa Inggris menggunakan ragam baku.