PENINGKATAN KINERJA PETUGAS KESEHATAN MELALUI PELAYANAN HOMECARE KEPADA MASYARAKAT DI MASA PANDEMI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WAIRORO KABUPATEN HALMAHERA TENGAH

Nur Adny, Marwan Marwan, Ida Hidayanti

Sari


This study aims to determine the performance of health workers through homecare services during the pandemic at the Wairoro Health Center. The type of research used in this research is descriptive qualitative research. The informants in this study were 10 patients. The data used in this study are primary data and secondary data. Primary data is the results of structured interviews from the home care team to the community regarding services and an overview of the general health center condition. and secondary data in the form of patient service reports for 2020 and homecare service data for 2021 Wairoro Health Center. The results of the research on the performance of health workers at the Wairoro Health Center, South Weda District, Central Halmahera Regency during the pandemic were increasingly being increased by visiting patients or residents from home (Homecare Services) to provide free treatment and health services, all due to fear from the people in the Wairoro sub-district who were reluctant seek treatment at the puskesmas so that the number of patients has decreased before the pandemic period and now. With the homecare service, the Puskesmas can also obtain data about what diseases the community suffers from, about their number and distribution. Provide health education related to a healthy lifestyle.

 

Keywords: Health Officer Performance, Homecare Health Services

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui kinerja petugas kesehatan melalui pelayanan homecare pada masa pandemi di Puskesmas Wairoro. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informen dalam penelitian ini adalah 10 pasien. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara terstruktur dari tim home care kepada masyarakat terkait Pelayanan dan gambaran mengenai kondisi puskesmas secara umum. dan data sekunder berupa laporan pelayanan pasien tahun 2020 dan data pelayanan homecare 2021 Puskesmas Wairoro. Hasil Penelitian Kinerja Petugas Kesehatan di Puskesmas Wairoro Kecamatan Weda Selatan Kabupaten Halmahera Tengah di masa pandemi semakin ditingkatkan dengan mendatangi pasien atau warga dari rumah kerumah (Pelayanan Homecare) untuk melakukan pengobatan gratis dan pelayanan Kesehatan, semua disebabkan adanya ketakutan dari masyarakat di kecamatan wairoro yang enggan berobat ke puskesmas sehingga jumlah pasien mengalami penurunan sebelum masa pandemic dan saat ini. Dengan adanya pelayanan homecare Puskesmas juga dapat memperoleh data tentang penyakit apa saja yang diderita masyarakat, tentang jumlah dan persebarannya. Memberikan penyuluhan Kesehatan terkait dengan pola hidup sehat.

 

Kata Kunci: Kinerja Petugas Kesehatan, Pelayanan Kesehatan Homecare

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Djojosugito, Kebijakan Pemerintah Dalam Pelayanan Kesehatan Menyongsong AFTA 2003, Pusat Data dan Informasi PERSI, Jakarta, 2001.

Azwar. Azrul. Pengantar Administrasi Kesehatan. Binarupa Aksara. Jakarta. 1996.

Arikunto, Suharsimi.2006. Prosedur Penelitian.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arrens, A.A and Loebbecke, J.K., 2008, Auditing: An Integrated Approach, Prentice Hall Inc., New Jersey.

Asih, Dwi Ananing Tyas. 2006. Jurnal. Pengaruh Pengalaman Terhadap Kinerja Audit.IPB.Bogor.

Ayuningtyas, Harvita Y. dan Pamudji, S. 2012. Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Objektivitas, Integritas, dan Kompetensi Terhadap Kualitas Hasil Audit. Diponegoro JournaL of Accounting, (Online), Vol.2, No. 1, (http://eprints.undip.ac.id/36161, diakses 20 Oktober 2012).

Amir, H. A. P. S. A. H. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kab. Nunukan Kalimantan Utara Periode BPJS tahun 2016.

Ayu, S. A. (2016). “Hubungan Kinerja Perawat Pelaksana dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RS Pusat Bintan Amin Bandar Lampung†Jurnal Kesehatan Holistik (The Journal Holistic Healthcare) volume 10, No.4, Oktober 2016 :1-4.

Bachtiar, R. (2016). Hubungan pengembangan sumber daya manusia (sdm) dengan kinerja pegawai dalam peningkatan pelayanan kesehatan di puskesmas batua kecamatan manggala kota makassar tahun 2015 (Doctoral dissertation, Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Budhiarta, I., & Muttaqin, S. (2019). Model Hsq-Metrix: Untuk Pengukuran Kualitas Pelayanan Kesehatan Dan Rumah Sakit Di Banda Aceh. Cv. Penerbit Qiara Media.

Baotham, Sumintorn. 2007. “Effects of professionalism on audit quality and self image of CPAs in Thailandâ€. International Journal of Business Strategy,Source Volume: 7 Source Issue: 2

Bastian, Indra. 2003. Sistem Akuntansi Sektor Publik: Konsep Untuk Pemerintah Daerah. Jakarta: Salemba Empat.

Blais, 2006 Tenaga Medis Adalah Profesi Yang Memberikan Pelayanan Medis Pra Rumah Sakit Dan Gawat Darurat

Depkes RI, 2005, Rancangan Pembangunan Kesehatan, Jakarta.

Eli Nurachma, 2007, Asuhan Keperawatan Bermutu Di Rumah Sakit

Fahriadi, 2003. Perilaku Tenaga Kesehatan Dalam Pelayanan Kesehatan Antara Realitas Dan Harapan.

Ilyas, Y, 2003. Kinerja: Teori, Penilaian dan Penelitian. Fakultas Kesehatan MasyarakatUniversitas Indonesia. Jakarta.

Ginting, D. (2019). Kebijakan penunjang medis rumah sakit (SNARS). Deepublish.

Gibson J. D, L. 2001. Organisasi: Perilaku, Struktur dan Proses.Terjemahan. Erlangga. Jakarta.

Gunawan, I. (2015). Pengaruh komitmen organisasional dan locus of control terhadap kinerja karyawan pada PT. Nikkatsu Electric Works Bandung. Jurnal Management Undergraduate, 1(1), 1-12.

Indriantoro, N., Supomo, B. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis. Edidi Pertama.BPFE. Yogyakarta.

Jurnal Keperawatan dan Penelitian Kesehatan, Jakarta. Guwandi. 1991, Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Rineka Cipta. Jakarta.

Laksono Trisantoro, 2005, Good Governance dan Sistem Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan, Surabaya.Abdullah,

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Kurniawan Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Public. Yogyakarta: Pembaruan. Moenir. 2006. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Neuman, W.Lawrence. 2013. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Eds.7. Penerjemah: Edina T. Sofia. Jakarta: PT.Indeks.

Kristiani, 2006, Hubungan Faktor Individu dengan Kinerja Petugas Vaksinasi di Kabupaten Aceh Timur.

Kalsum, U. (2016). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Perawatan Teratai Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati tahun 2016.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, (2019), Pedoman Pelaksanaa Jaminan Kesehatan Masyarakat, Jakarta: Kemenkes.

Khamida, K., & Mastiah, M. (2015). Kinerja Perawat Dalam Memberikan pelayanan Homecare Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien. Journal of Health Sciences, 8(2).

Kumari, R., Idris, M. Z., Bhushan, V., Khanna, A., Agarwal, M., & Singh, S. K. (2009). Study on patient satisfaction in the government allopathic health facilities of Lucknow district, India. Indian journal of community medicine: official publication of Indian Association of Preventive & Social Medicine, 34(1), 35.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2000. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Pustaka.

Linda, E. 2009.Promosi KesehatanPetunjuk Praktis. Gajah Mada Universtity Press. Yogyakarta.

M., Gunawan, J., 2012. Dispepsia. Continuing Medical Education, 647-651.

Muhammad Iqbal Fahlevi 2017 Pengaruh Kompetensi Petugas Terhadap Kinerja Pelayanan Kesehatan dipuskesmas

Media Litbang Kesehatan DepKes RI No 2/Vol XIII/2003

Mailani, F., & Fitri, N. (2017). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS di Ruang Rwat Inap RSUD dr. Rasidin Padang. Jurnal Endurance, 2(2), 203-208.

Ndambuki, J. (2013). The level of patients’ satisfaction and perception on quality of nursing services in the Renal unit, Kenyatta National Hospital Nairobi, Kenya.

Ningrum, R. M., Huda, N., Kep, M., & KMB, S. (2014). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Bpjs Terhadap Kepuasan Pasien Di Poli Klinik Tht Rumkital Dr. Ramelan Surabaya Oleh.

Noorkasiani, M. K., Heryati, S. K., & Rita Ismail, S. K. (2009). Sosiologi keperawatan. EGC.

Prawirosentono. 2002. Manajemen Personalia, Edisi Keempat. BPEF. Yogyakarta.

Purba, G. 2005. Hubungan Pengetahuan Petugas dengan Kinerja di Puskesmas Pontianak tahun 2005. Tesis Universitas Diponegoro.

Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat-Universitas Sumatera Utara. Medan.

Pasolong, Harbani. 2005. Metode Penelitian Administrasi: Untuk Organisasi Proft dan Non Proft. Makassar: Lembaga Penerbitan Uhnas (Lephas) 2007. Teori Administrasi Public. Bandung: Alfabeta

Tika, P. 2008. Budaya Organisasi Dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara

Parendreng, P., & Tasnim, T. (2019). Kontribusi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Untuk Memilih Layanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kolaka Timur. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(2), 159-169.

Perrin (1985) Pelayanan Kesehatan yang dilakukan dirumah

Radito, T. (2014). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan pasien Puskesmas. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 1-25.

Rini, D. K. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Program Bantuan Pendidikan Dalam Membantu Peserta Didik Untuk Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Riska, Y.S. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Homecare dan Faktor-faktor determinannya. RSUD dr. Rasidin Padang Tahun 2017 (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Q., & Susilo, H. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan Pabrik Gula Kebon Agung Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 61(4), 117-124.




DOI: https://doi.org/10.33387/jtrans.v9i2.4545

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.