PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013)

Fitriyani Fitriyani, Dwi Yana Amalia

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh modal intelektual terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening. Modal inteletual diukur dengan value added intellectual coefficient (VAICTM). Kinerja keuangan diukur dengan rasio profitabilitas yaitu return on equity (ROE) dan return on assets (ROA) dan nilai perusahaan yang diukur dengan menggunakan price-to-book value (PBV). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2013.
Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan kriteria tersebut maka sebanyak 24 perusahaan terpilih sebagai sampel dalam. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi sederhana dan path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal intelektual berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, modal intelektual berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan (ROE dan ROA) akan tetapi kinerja keuangan perusahaan (ROE dan ROA) tidak mampu memediasi pengaruh modal intelektual terhadap nilai perusahaan.

Teks Lengkap:

104-111


DOI: https://doi.org/10.33387/jtrans.v5i2.958

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.