PENEMPATAN DINDING GESER PADA BANGUNAN BETON BERTULANG DENGAN ANALISA PUSHOVER

Reskiyanto Rezkiyanto, Mufti Amir Sultan, Imran Imran

Sari


Fenomena gempa merupakan gejala alam yang sangat berpengaruh terhadap bangunan, terutama pada bangunan tinggi. Perencanaan struktur bangunan gedung tahan gempa sangat penting di Indonesia, mengingat sebagian besar wilayahnya terletak dalam wilayah gempa dengan intesitas sedang hingga tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui letak ideal penempatan dinding geser dan untuk mengetahui keandalan struktur gedung asimetris dengan dinding geser terhadap beban gempa dengan analisis pushover.Penelitian ini menunjukan bahwa dari 5 Layout penempatan dinding geser terdapat satu yang paling ideal yaitu Layout 5, di mana penempatan dinding geser terletak pada kedua sumbu X dan Y secara teratur di bagian sisi dalam gedung, yang ditandai dengan terjadinya penurunan waktu getar alami fundamental sebesar 51,49% dari waktu getar alami fundamental yang dihasilkan dari SRPMK, dan nilai simpangan antar lantai yang terjadi pada layout 5 di anggap memenuhi persyaratan SNI 03-1726-2012 pasal 7.9.3 dimana ∆i < ∆α yaitu ∆i < 40 mm. Layout 5 kombinasi 3 sebesar 26,06 mm, 28,30 mm pada kombinasi 4, 20,55 mm pada kombinasi 5 dan 22,54 mm pada kombinasi 6. Kinerja struktur beton bertulang tahan gempa dengan Analisa pushover pada Layout 5. Pertama, perpindahan hasil pushover maksimum (δmax) arah XZ yaitu step 6 lebih kecil dari target perpindahan (δt) dengan angka 71,57 mm < 208,63 mm. Kedua (δmax) arah YZ yaitu pada step 4 kecil dari target perpindahan (δt) dengan angka 28,31 mm < 208,63 mm. Ketiga Evaluasi pada arah XZ dalam masih keadaan aman karena δmax<dt dan skema distribusi sendi plastis tidak memperlihatkan komponen struktur yang melewati kinerja Immediate Occupany (IO). Evaluasi pada arah YZ masih dalam keadaan aman karena δmax<dt dan skema distribusi sendi plastis tidak memperlihatkan komponen struktur yang melewati kinerja Immediate Occupany (IO).


Teks Lengkap:

31-39

Referensi


ASCE. 2000. FEMA 356 – Prestandard And Comentary For The Seismic Rehabilitation Of Building. Federal Emergency Management Agency. Washington, D.C.

Aristiyawan, E. 2010. Pengaruh Pemasangan Shear Wall Terhadap Simpangan Horisontal Portal Baja Gedung Bertingkat Tinggi. Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Skripsi Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret.

Badan Standardisasi Nasional. 2012. Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Bangunan Gedung. Jakarta, Indonesia.

Badan Standardisasi Nasional. 2013. SNI 2847:2013 Tata Cara Perencanaan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung. Bandung, Jakarta, Indonesia.

Churrohman, F., 2012. Studi Perilaku Dinding Geser Beton Bertulang Dan Dinding Geser Pelat Baja Dengan Analisis Statik Non-Linier Pushover. Universitas Indonesia, Depok. Skripsi Teknik Sipil Universitas Indonesia.

Fauziah, L. 2013. Pengaruh Penempatan Dan Posisi Dinding Geser Terhadap Simpangan Bangunan Beton Bertulang Bertingkat Banyak Akibat Beban Gempa, Jurnal Sipil Statik 1(7).

Imran, I., Yuliari, E., Suhelda, dan Kristianto, A., 2008. Aplicability Metoda Desain Kapasitas Pada Perancangan Struktur Dinding Geser Beton Bertulang, Seminar HAKI.

Kusuma, Y.M., Purwanto., Mahendra, W. 2017.Studi Bentuk dan Layout Dinding Geser (Shear Wall) Terhadap Perilaku Struktur Gedung Bertingkat. Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur 1(1).

Manalip, H., Kumaat, E. J. dan Runtu, F.I. 2015. Penempatan Dinding Geser Pada bangunan Beton Bertulang Dengan Analisa Pushover, Jurnal Sipil Statik 5(1).

Mangoda, N.Z. 2018, Evaluasi Kinerja Struktur Beton Bertulang Tahan Gempa dengan Analisa Pushover, Skripsi Program Studi Teknik Sipil Universitas Khairun.

Mangoda, N.Z., Sultan, M.A., Imran. 2018. Evaluasi Kinerja Struktur Beton Bertulang Tahan Gempa dengan Pushover Analysis, Prosiding Seminar Keteknikan (SINTEK):80-87.

Mangoda, N.Z., Sultan, M.A., Imran. 2019. Evaluasi Kinerjia Gedung Beton Bertulang Dengan Metode Pushover Studi Kasus Bangunan Gedung di Ternate). Sipilsains 9(17).

Sultan, M.A. 2016, Evaluasi Struktur Beton Bertulang Tahan Gempa Dengan Analisa Pushover, Sipilsains 6(11).

Usmat, N.A. 2019. Analisa Letak Dinding Geser (Shear Wall) Terhadap Perilaku Struktur Gedung Akibat Beban Gempa. Skripsi Program Studi Teknik Sipil Universitas Khairun.

Usmat, N.A., Sultan, M.A., Imran. 2019. Analisa Letak Dinding Geser (Shear Wall) Terhadap Perilaku Struktur Gedung Akibat Beban Gempa. Techno 8(2).




DOI: https://doi.org/10.33387/clapeyron.v1i1.1632

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office : Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia.

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.