Mechanical Behavior Of Coronary Stent Untuk Fleksibilitas Ring Berbahan Magnesium Alloy AZ31 Dengan Menggunakan Finite Element Method(FEM)

Muhammad Fadly Hi. Abbas, Sukiman B, Lita Asyriati Latif

Sari


Banyak kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler, salah satu contohnya adalah penyakit jantung koroner. Cara yang paling populer untuk menanganinya adalah dengan pemasangan stent. Telah banyak penelitian yang dilakukan dalam pengembangan stent. Hal tersebut berlanjut pula pada bahan baku yang digunakan salah satunya adalah pengembangan bahan baku yang bersifat biodegradable, sehingga stent akan larut dalam tubuh sering bertambahnya waktu. Selain itu, stent ketika terpasang juga harus memiliki kemampuan untuk menyesuaikan bentuknya terhadap pembuluh darah serta memiliki tegangan yang minimun supaya tidak melukai jaringan di sekitarnya. Kemampuan tersebut ditunjukan oleh tingkat flesibilitas dari suatu stent. Pada penelitian ini, stent yang diteliti adalah bare metal stent berbahan baku magnesium alloy AZ31 dengan desain strut mirror (S><). Penelitian dilakukan pada dua kondisi stent, yaitu crimped dan expanded untuk mengetahui kemampuan perubahan sudut dan tegangan maksimum yang dialami oleh keduanya setelah diberikan bending moment. Pengujian bending moment dilakukan melalui simulasi berdasarkan finite elemet method (FED) pada software Abaqus 6.14. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan untuk mendapatkan flesibilitas tertinggi pada kondisi crimped stent, yaitu flesibilitas tertinggi dengan tegangan von mises dalam batas aman dapat diperoleh berdasarkan desain stent dengan beban bending moment sebesar0,011 N.mm dan ketebalan sebesar 50 µm, curvature index sebesar 0,0519 mm. Sementara pada expanded stent, mendapatkan fleksibilitas terbaik dengan tegangan von mises dalam batas aman adalah bending moment sebesar 0,11 N.mm pada ketebalan 50 µm, curvature index sebesar 0,0478 mm.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul


DOI: https://doi.org/10.33387/dinamik.v7i1.4598

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information


Editorial Office :
Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.