Optimasi Variasi Jumlah Blade Inlet, Tipe Impeller, dan Jumlah Blade Outlet Turbo terhadap Gaya Dorong menggunakan Metode Taguchi

Marcellino Stevanus Seva, Zaldy Kurniawan, Hasdiansah Hasdiansah

Sari


Desain dari sistem propulsi sangat berperan terhadap gaya dorong yang dihasilkan pada transportasi laut. Dengan sistem propulsi yang optimal, maka efisiensi pada transportasi laut tersebut dapat meningkat. Penelitian ini akan mencari kombinasi komponen waterjet thruster berdiameter 11/4 inci yang optimal menggunakan metode taguchi. Komponen waterjet thruster yang akan digunakan, dibuat menggunakan teknologi FDM untuk mendapatkan akurasi dimensi yang diinginkan. Pengambilan data menggunakan perahu uji yang berbobot 8 Kg yang akan diintal waterjet thruster dengan kombinasi komponen yang telah ditetapkan. Variabel yang digunakan adalah jumlah blade inlet, tipe impeller, dan jumlah blade outlet turbo. Level jumlah blade inlet dan outlet yang digunakan adalah 3, 4, dan 5. Tipe impeller yang digunakan adalah impeller yang digunakan pada jetski untuk tipe 1, impeller normal pada perahu untuk jenis 2, dan toroidal untuk jenis 3. Matriks ortogonal yang digunakan pada penelitian adalah L9 (33). Dari hasil pengujian gaya dorong, didapatkan bahwa gaya dorong terbesar dicapai dengan kombinasi jumlah blade inlet 4 blade, impeller tipe 2, dan jumlah blade outlet turbo 5 blade dengan gaya dorong sebesar 2.231 Newton. Respon S/N ratio yang didapatkan menyatakan bahwa gaya dorong yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh tipe impeller, kemudian jumlah blade outlet turbo, dan yang terakhir adalah jumlah blade inlet.

Kata Kunci


FDM, gaya dorong, impeller, taguchi, waterjet thruster

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


S. Wilastari dan B. Santoso, “Studi Kasus Perbaikan Daun Baling-Baling Kapal Tug Boat Akibat Patah dan Fouling,” hal. 24–28, 2019.

E. S. Koenhardono, I. R. Kusuma, dan H. Nugroho, “Aplikasi Sistem Propulsi Hybrid Shaft Generator (Propeller And Waterjet) Pada Kapal Patroli Trimaran,” 2010.

B. Robert dan E. B. Brown, “Propulsi Kapal,” no. 1, hal. 1–14, 2004.

A. Maulana, Kajian Teknis Perancangan Sistem Propulsi Waterjet. 2017.

Sumardi, N. Fasni, Martunis, dan Munzir, “Tinjauan Efektifitas Dan Perbandingan Kinerja Mesin Tempel Outboard Jenis Propeller Baling-Baling Konvensional Dengan Propeller Jenis Water Jet Propulsion,” vol. 4, no. 1, hal. 121–127, 2020.

P. I. Agustinus, “Diktat Kuliah Mekanika Teknik (Statika Struktur),” Diktat, vol., hal. 1–88, 2007.

H. Simbolon, A. Trimulyono, dan G. Rindo, “Analisa Nilai Maximum Thrust Propeller B-Series Dan Kaplan Series Pada Kapal Tugboat Ari 400 Hp Dengan Variasi Diameter, Jumlah Daun, Sudut Rake Menggunakan Cfd,” J. Tek. Perkapalan, vol. 3, no. 4, hal. 394–404, 2015.

A. Munawir, G. Rubiono, dan H. Mujianto, “Studi Prototipe Pengaruh Sudut Kemiringan Poros Baling-Baling Terhadap Daya Dorong Kapal Laut,” V-MAC (Virtual …, vol. 2, no. 1, hal. 18–24, 2017, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/vmac/article/view/113

Pristiansyah, Hardiansah, dan Sugiyarto, “Optimasi Parameter Proses 3D Printing FDM Terhadap Akurasi Dimensi Menggunakan Filament Eflex,” Manutech J. Teknol. Manufaktur, vol. 11, no. 01, hal. 0–7, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://media.neliti.com/media/publications/289929- optimasi-parameter-proses-3d-printing-fd-bc4a4103.pdf

Hasdiansah dan Pratama, “Pengaruh Parameter Proses Slicing Software Terhadap Kekasaran Permukaan Printing Part Filamen ST-PLA,” J. Teknol. Manufaktur, vol. 13, no. 01, hal. 1–8, 2021.

Y. Subakti, Hasdiansah, dan Z. Kurniawan, “Pengaruh Media, Temperatur Dan Waktu Perlakuan Annealing Pada Spesimen Standar ASTM D638 Type IV Menggunakan Filamen ST PLA,” Sprocket J. Mech. Eng., vol. 3, no. 1, hal. 7–14, 2021, doi: 10.36655/sprocket.v3i1.569.

H. Hasdiansah, P. Pristiansyah, dan I. Feriadi, “Iptek Bagi Masyarakat Pemanfaatan Turbojet Drive Produk 3D Printing Untuk Perahu Nelayan Sungai Desa Sempan-Bangka,” J. Pengabdi. Masy. Polmanbabel, vol. 1, no. 01, hal. 14–20, 2021, doi: 10.33504/dulang.v1i01.157.

D. H. Tangahu dan T. H. Ningsih, “Optimasi Komposit Serat Kersen Kekuatan Bending Dengan Menggunakan Metode Taguchi,” hal. 282, 2008.

Ş. Karabulut, “Optimization of surface roughness and cutting force during AA7039/Al2O3 metal matrix composites milling using neural networks and Taguchi method,” Meas. J. Int. Meas. Confed., vol. 66, no. April 2015, hal. 139–149, 2015, doi: 10.1016/j.measurement.2015.01.027.

H. A. Pamasaria, T. H. Saputra, A. S. Hutama, dan C. Budiyantoro, “Optimasi Keakuratan Dimensi Produk Cetak 3D Printing berbahan Plastik PP Daur Ulang dengan Menggunakan Metode Taguchi,” JMPM (Jurnal Mater. dan Proses Manufaktur), vol. 4, no. 1, hal. 12–19, 2020, doi: 10.18196/jmpm.4148.




DOI: https://doi.org/10.33387/dinamik.v8i2.6849

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information


Editorial Office :
Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.