Optimasi Variasi Panjang Blade Inlet Turbo, Impeller Type, Dan Panjang Outlet Turbo Terhadap Gaya Dorong Menggunakan Metode Taguchi

Mario Oktavianto

Sari


Kapal merupakan alat transportasi utama yang digunakan untuk mengangkut penumpang yang ingin mengunjungi tempat wisata bahari berupa pulau-pulau kecil yang ada di pulau Belitung. Sistem propulsi yang baik sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan pergerakan sebuah kapal. Waterjet thrusther bisa menjadi alternatif penggerak kapal yang efisien dan ramah lingkungan. Sistem propulsi Waterjet Thrusther memiliki keunggulan yang sangat banyak seperti pergerakan yang senyap, minim getaran, mampu beroperasi pada air yang dangkal dan beraliran deras, kemampuan manufer yang tinggi. Sistem propulsi Waterjet Thrusther biasanya digunakan pada kapal yang membutuhkan kecepatan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari kombinasi komponen Waterjet Thrusther yang paling optimal menggunakan metode Taguchi. Komponen Waterjet Thrusther dicetak menggunakan mesin 3D Printing berteknologi FDM. Filamen yang digunakan untuk mencetak komponen Waterjet Thrusther adalah filamen ABS dan ST-PLA. Faktor yang dikokbinasikan dalam penelitian ini adalah panjang Inlet Turbo, Impeller Type, dan Panjang Outlet Turbo. Proses pengambilan data dilakukan menggunakan bantuan perahu uji dengan berat 8,06 Kg dan timbangan digital. Pengujian dilakukan pada sebuah kolam uji. Hasil dari penelitian ini didapatkan gaya dorong tertinggi pada variasi ke 5 dengan menggunakan Impeller 3 blade type 2, Panjang Inlet 75%, dan panjang Outlet 100% denagn nilai gaya dorong sebesar 2,13365 N. Sedangkan nilai gaya dorong terendah didapatkan pada variasi ke 6 dengan menggunakan Impeller 3 blade type 3, panjang Inlet 75%, dan panjang Outlet 50% dengan gaya dorong sebesar 0,465975 N.

Kata Kunci


3D Printing, Gaya dorong, Metode Taguchi, Waterjet Thrusther

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


S. Bhudiharty, “Analisis Potensi Wisata Bahari Dan Budaya Di Belitung, Kab. Belitung Barat,” J. Ind. Pariwisata, vol. 2, no. 1, pp. 36–50, 2019, doi: 10.36441/pariwisata.v2i1.29.

A. Yuspriadipura, D. Suprapto, S. Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, J. Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, and U. Diponegoro Jl Soedarto, “Type and Abundance of Fish on Branching Coral in Lengkuas Island Waters District of Belitung,” Diponegoro J. Maquares, vol. 3, no. 3, pp. 52–57, 2014, [Online]. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/maquares

P. Oscar and S. Baban, “STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA BAHARI DI KABUPATEN BELITUNG,” vol. 19, p. 34, 2016.

A. Wicaksana and T. Rachman, “TRANSPORTASI LAUT DI INDONESIA DAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGGUNA TRANSPORTASI LAUT,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. 3, no. 1, pp. 10–27, 2018, [Online]. Available: https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Budi Utomo, “Hubungan Antara Konsumsi Bahan Bakar dengan Berbagai Perubahan Kecepatan pada Motor Diesel Penggerak Kapal,” J. Rekayasa Mesin, vol. 15, no. 2, pp. 163–170, 2020.

N. Fasni, “Tinjauan Efektifitas Dan Perbandingan Kinerja Mesin Tempel Outboard Jenis Propeller Baling-Baling Konvensional Dengan Propeller Jenis Water Jet Propulsion,” vol. 4, no. 1, pp. 121–127, 2020.

H. A. H. Salam, I. P. Mulyatno, and M. Iqbal, “Analisa Kelelahan Propeller Kapal Ikan Pvc Dengan Metode Elemen Hingga,” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 1, pp. 243–252, 2017.

A. Maulana, “DESIGN STUDY FOR THE ARRANGEMENT OF WATERJET PROPULSION UNIT ON PATROL BOAT 10,3 M,” 2017.

A. Alfrendy, B. Untung, and Kiryanto, “Analisa Penerapan Diesel Waterjet Propulsion (Dwp) Dan Electrical Waterjet Propulsion (Ewp) Ditinjau Dari Konsumsi Bbm Pada Kapal Patroli Imigrasi 14 Meter,” J. Tek. Perkapalan, vol. 6, no. 1, pp. 168–177, 2018.

A. Astari, “ANALISA PENGARUH RANCANGAN SUDUT INTAKE GRATING TERHADAP EFISIENSI THRUST PADA WATER JET TANK AMFIBI,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017.

N. Farandi, “Pengaruh Variasi Stator Turbo Pada Turbojet Drive Untuk Menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM) Di Kapal Nelayan,” Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, 2021.

A. Finali, A. F. Hanafi, and R. E. P. U, “J-Proteksion : Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin Analisis Variasi Pattern 3D Printing terhadap Kekuatan Tarik Analysis of 3D Printing Pattern Variation on Tensile Strength,” vol. 5, no. 1, pp. 16–19, 2021.

T. Rusianto, S. Huda, dan Hary Wibowo, J. Kalisahak No, and K. Balapan Yogyakarta, “a Riview: Jenis Dan Pencetakan 3D (3D Printing) Untuk Pembuatan Prototipe,” J. Teknol., vol. 12, no. 1, pp. 14–21, 2019, [Online]. Available: https://aaq.auburn.edu/node/9907/take

I. D. Agustini, Hasdiansah, and A. Anggry, “Optimasi Akurasi Dimensi Hasil Cetakan Proses 3D Printing Yang Terbuat Dari Filamen Nylon Menggunakan Metode Taguchi,” Pros. Semin. Nas. Inov. Teknol. Terap., no. 2, pp. 58–64, 2022, [Online]. Available: https://snitt.polman-babel.ac.id/index.php/snitt/article/view/201

H. Hasdiansah, P. Pristiansyah, and I. Feriadi, “Iptek Bagi Masyarakat Pemanfaatan Turbojet Drive Produk 3D Printing Untuk Perahu Nelayan Sungai Desa Sempan-Bangka,” J. Pengabdi. Masy. Polmanbabel, vol. 1, no. 01, pp. 14–20, 2021, doi: 10.33504/dulang.v1i01.157.

M. Muharom and S. Siswadi, “Desain Eksperimen Taguchi Untuk Meningkatkan Kualitas Batu Bata Berbahan Baku Tanah Liat,” J. Eng. Manag. Industial Syst., vol. 3, no. 1, pp. 43–46, 2015, doi: 10.21776/ub.jemis.2015.003.01.7.

Ş. Karabulut, “Optimization of surface roughness and cutting force during AA7039/Al2O3 metal matrix composites milling using neural networks and Taguchi method,” Meas. J. Int. Meas. Confed., vol. 66, pp. 139–149, 2015, doi: 10.1016/j.measurement.2015.01.027.




DOI: https://doi.org/10.33387/dinamik.v8i1.6853

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information


Editorial Office :
Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.