Optimasi Variasi Jumlah Blade Inlet Turbo, Impeller Dan Outlet Turbo Waterjet Thruster Mini Terhadap Gaya Dorong Menggunakan Metode Taguchi

Wassi Ahadiatullah

Sari


Transportasi dibagi menjadi 3 jenis yaitu transportasi jalan, transportasi laut, dan transportasi udara. Perahu mempunyai sistem penggerak sebagai mesin utamanya. Oleh karena itu prinsip kerja dari sistem penggerak pada pompa  adalah air  masuk dan dihisap oleh pompa kemudian dialirkan menuju nozzle sehingga menimbulkan gaya dorong. Sarana transportasi ini akan membuat masyarakat  lebih mudah beraktivitas. Pengelompokan ini juga mempertimbangkan tren media (zona pejalan kaki) dan karakteristik fisik moda yang berbeda. Moda transportasi ada beberapa jenis, mulai dari moda darat, moda laut atau perairan, dan moda udara. Sistem propulsi waterjet biasanya mencakup sistem perpipaan dan sistem pompa. Pada sistem saluran, fungsinya untuk mengontrol aliran dari medium ke pompa dan dari pompa  ke medium. Sedangkan sistem pemompaan mengubah energi mekanik menjadi energi hidrolik. Sistem penggerak water jet mempunyai bagian-bagian utama pada saat pengoperasiannya, bagian-bagian tersebut antara lain sistem transmisi dan motor penggerak, pompa, nosel dorong yang dilengkapi dengan baffle, arah dorong, mekanisme pembalik, diffuser, saluran masuk dan saluran. Pada penelitian ini banyak melibatkan banyak faktor dan jumlah , dan cocok menggunkan desain eksperimen taguchi dikarenakan lebih efisien. Pada penelitian ini filament ynag digunakan yaitu ST PLA(Super Tough Latic Acid) menggunakan mesin 3D printing Ender 3 Pro. Dalam penelitian ini menggunakan metode taguchi Jenis matriks Orthogonal array L9OA tersedia secara standar faktor penelitian didapatkan gaya dorong yang tertinggi pada eksperimen 5 dengan jumlah blade inlet turbo 11, impeller 3 blade type 2 dan jumlah blade outlet turbo 12 dengan nilai gaya dorong sebesar 2.182 N. Sedangkan gaya dorong terrendah pada eksperimen 10 dengan jumlah blade inlet turbo 12, impeller 3 blade type 3 dan jumlah  blade outlet turbo 11 dengan nilai gaya dorong sebesar 0.711 N.

 

 


Kata Kunci


filament, gaya dorong, propulsi,sistem penggerak, taguchi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Maulana, Skripsi Me 141501 Surabaya 2017. 2017.

K. Hanik, “Isu pelayanan single mode-moda transportasi laut dalam menjalankan perdagangan internasional,” Proceeding Natl. Semin. Marit. …, vol. 1, no. 1, pp. 198–202, 2022, [Online]. Available: http://www.e-journal.akpelni.ac.id/index.php/NSMIS/article/view/372%0Ahttp://www.e-journal.akpelni.ac.id/index.php/NSMIS/article/download/372/275

D. Andrijono and Sufiyanto, “Bimtek Mutu Produk Cor Baling-Baling Kapal Nelayan Hasil,” vol. 3, 2018.

S. W. Adji, Engine-propeller matching. 2005.

taufiq adi Purnomo, agoes santoso, and tony bambang Musriyadi, “Analisa Perancangan Sistem Propulsi Waterjet sebagai Propulsi Alternatif pada kapal patroli,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 6, no. August, p. 128, 2016.

E. S. Koenhardono, I. R. Kusuma, and H. Nugroho, “Aplikasi Sistem Propulsi Hybrid Shaft Generator (Propeller Dan Waterjet) Pada Kapal Patroli Trimaran,” 2010.

N. Farandi, D. R. Harahap, and Hasdiansah, “Prosiding Seminar Nasional Kekuatan Dorong Turbojet Drive Produk 3D,” 2021.

S. Wilastari and B. Santoso, “Studi Kasus Perbaikan Daun Baling-Baling Kapal Tug Boat Akibat Patah dan Fouling,” J. Ilm. MOMENTUM, vol. 18, no. 1, p. 24, 2022, doi: 10.36499/jim.v18i1.6436.

Z. S. Suzen, Hasdiansah, and Yuliyanto, “Pengaruh Tipe Infill Dan Temperatur Nozzle Terhadap Kekuatan Tarik Produk 3D Printing Filamen Pla+ Esun,” J. Teknol. Manufaktur, vol. 12, no. 02, 2020.

T. Rusianto, S. Huda, and H. Wibowo, “a Riview: Jenis Dan Pencetakan 3D (3D Printing) Untuk Pembuatan Prototipe,” J. Teknol., vol. 12, no. 1, pp. 14–21, 2019, [Online]. Available: https://aaq.auburn.edu/node/9907/take

C. Mawardi, “Pengantar 3D Printing,” 2020.

M. Muharom and S. Siswadi, “Desain Eksperimen Taguchi Untuk Meningkatkan Kualitas Batu Bata Berbahan Baku Tanah Liat,” J. Eng. Manag. Industial Syst., vol. 3, no. 1, pp. 43–46, 2015, doi: 10.21776/ub.jemis.2015.003.01.7.

H. Hasdiansah, R. I. Yaqin, P. Pristiansyah, M. L. Umar, and B. H. Priyambodo, “FDM-3D printing parameter optimization using taguchi approach on surface roughness of thermoplastic polyurethane parts,” Int. J. Interact. Des. Manuf., 2023, doi: 10.1007/s12008-023-01304-w.

R. Srinivasan, W. Ruban, A. Deepanraj, R. Bhuvanesh, and T. Bhuvanesh, “Effect on infill density on mechanical properties of PETG part fabricated by fused deposition modelling,” Mater. Today Proc., vol. 27, no. xxxx, pp. 1838–1842, 2020, doi: 10.1016/j.matpr.2020.03.797.

Ş. Karabulut, “Optimization of surface roughness and cutting force during AA7039/Al2O3 metal matrix composites milling using neural networks and Taguchi method,” Meas. J. Int. Meas. Confed., vol. 66, pp. 139–149, 2015, doi: 10.1016/j.measurement.2015.01.027.




DOI: https://doi.org/10.33387/dinamik.v8i1.6854

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information


Editorial Office :
Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.