Analisis Pengaruh Kekasaran Butiran Arang Kayu Kusambi Terhadap Laju Dan Suhu Pembakaran

Jahirwan Ut Jasron, Imanuel Retebana, Wenseslaus Bunganaen

Sari


Peranan energi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah minyak dan gas, pada saat minyak dan gas mengalami kelangkaan dikarenakan jumlah penduduk yang meningkat dan terus bertambah maka untuk mengatasinya yaitu dengan pembuatan briket menggunakan limbah biomasa yang dimana merupakan upaya menghasilkan energi alternatif. Biomassa bersifat energi terbarukan karena kandungan energinya pada akhirnya berasal dari energi matahari yang difiksasi oleh tumbuhan dalam proses fotosintesis. dilepaskan dengan memutus ikatan senyawa organik dalam proses pembakaran, menghasilkan karbon dioksida dan air sebagai produk akhir. Arang adalah salah satu jenis bahan bakar yang dibuat dari aneka macam hayati misalnya dari kayu kusambi. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengarus kekasaran terhadap laju dan suhu pembakaran menggunakan bahan dasar yaitu arang kayu kusambi dengan menggunakan perekat tepung kanji dengan variabel kekasaran arang kusambi 40 mesh, 50 mesh, dan 60 mesh dengan campuran kanji 1.35%, 1,40%, 1.45%. yang mana mendapatkan hasil laju pembakaran pada mesh 40, P 20 kg/m² sebesar 0,090 gram/menit dan hui nilai lama pembakaran yang paling tinggi yaitu pada mesh 40 tekanana 40 kg/m², semakin besar tekanan yang diberikan maka nilai laju pembakaran yang dihasilkan semakin tinggi


Kata Kunci


Biomasa, Briket, Arang kusambi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. Arifah, “Keberadaan karbon terikat dalam briket arang dipengaruhi oleh kadar abu dan kadar zat yang menguap,” J. Wahana Inov., vol. 6, no. 2, pp. 365–377, 2017.

Imam Ardiansyah, A. Yandra Putra, and Y. Sari, “Analisis Nilai Kalor Berbagai Jenis Briket Biomassa Secara Kalorimeter,” J. Res. Educ. Chem., vol. 4, no. 2, p. 120, 2022, doi: 10.25299/jrec.2022.vol4(2).10735.

D. R. A. Muhammad, N. H. R. Parnanto, and F. Widadie, “Kajian Peningkatan Mutu Briket Arang Tempurung Kelapa Dengan Alat Pengering Tipe Rak Berbahan Bakar Biomassa The Study Of Quality Improvement Of Charcoal Briquette Made Of Coconut Shell With Biomass-Fuel Tray Dryer,” Teknol. Has. Pertan., vol. VI, no. 1, pp. 23–26, 2013, [Online]. Available: www.uns.ac.id.

M. A. Muhammad Sudirman Akili, Amelya Indah Pratiwi, “PEMBUATAN ALAT CETAK DAN LEMARI PENGERING BRIKET,” J. ABDIMAS Unmer Malang, vol. 4, no. 2, pp. 52–55, 2019.

Mannani Muhammad Rif’an, “Rancang Bangun Alat Press Briket dengan Kapasitas Tekanan 4 Ton,” Tugas Akhir, pp. 1–77, 2018.

Ummi Kalsum, “Pembuatan Briket Arang Dari Campuran Limbah,” Distilasi, vol. 1, no. 1, pp. 42–50, 2016, [Online]. Available: file:///C:/Users/Asus/Documents/FATHAN/PERPUSTAKAAN WINDOWS/Journal Pemanfaatan Pohon Aren/PEMBUATAN BRIKET ARANG DARI CAMPURAN LIMBAH.pdf.

Maryono, S. Dan, and Rahmawati, “Pembuatan dan Analisis Mutu Briket Arang Tempurung Kelapa Ditinjau dari Kadar Kanji Preparation and Quality Analysis of Coconut Shell Charcoal Briquette Observed by Starch Concentration,” J. Chem., vol. 14, pp. 74–83, 2013.

E. Manialup, F. Pangkerego, D. Ludong, and H. F. Pinatik, “Kajian pembuatan briket Arang dari limbah tempurung pala (Myristica fragrans Haitt),” Cocos, 2015, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/cocos/article/view/8666%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/cocos/article/viewFile/8666/8231.

V. S. Maulidya, D.R., A. Setiawan, “Analisis Nilai Kalor dari Briket Ampas Tebu dan Tempurung Kelapa,” Conf. Proceeding Waste Treat. Technol., no. 2623, pp. 73–76, 2019, [Online]. Available: Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Y. M. P. Naptalia Tonda, Jahirwan Ut Jasron, “Analisis Pengaruh Variasi Tekanan Pada Briket Cangkang Kemiri Terhadap Temperatur, Laju Pembakaran Dan Kadar Abu,” LONTAR J. Tek. Mesin Undana, vol. 11, no. 01, pp. 1–6, 2024.




DOI: https://doi.org/10.33387/dinamik.v9i1.8061

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information


Editorial Office :
Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.